JawaPos Radar

Pameran Alutsista, Ribuan Warga Serbu Gedung Sate

07/10/2018, 10:43 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Pameran Alutsista, Ribuan Warga Serbu Gedung Sate
Ribuan warga padati Gedung Sate melihat pameran Alutsista dalam rangka HUT ke-73 TNI, Minggu (7/0). (Siti Fatonah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ribuan masyarakat Bandung dan sekitar menyerbu pameran alat utama sistem persenjataan (Alutsista) di halaman Gedung Sate, Bandung, Minggu (7/10). Pameran digelar dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-73 TNI.

Kodam III/Siliwangi menggelar pameran Alutsista selama tiga hari yakni 5-7 Oktober 2018, sejak pukul 08.00 - 18.00 WIB. Selain untuk memeriahkan HUT ke-73 acra ini juga untuk mengenalkan kepada masyarakat terkait alat-alat koleksi atau senjata yang dipakai para anggota TNI saat menjaga Indonesia.

Pantauan JawaPos.com, pameran hari ketiga ini, animo masyarakat sangat tinggi. Ribuan masyarakat tumpah di halaman Gedung Sate dan Jalan Diponegoro untuk berpartisipasi di rangkaian acara tersebut.

Pameran Alutsista, Ribuan Warga Serbu Gedung Sate
Sejumlah warga mencoba berbagai senjata perang TNI dalam pameran Alutsista di Gedung Sate, Bandung, Minggu (7/10). (Siti Fatonah/JawaPos.com)

Warga Bandung, Irma, 42, sengaja memboyong empat anggota keluarganya untuk melihat pameran Alutsista. Sebab acara tersebut hanya ada dalam momen tertentu saja.

"Iya saya sekeluarga datang ke sininya, dari kemarin ngajak baru bisa datang di hari terakhir ini," kata Irma di Gedung Sate, Bandung, Minggu (7/10).

Menurutnya pameran tersebut sangat bagus untuk anak-anaknya. Karena bisa dijadikan pengalaman menambah wawasan terkait alat-alat perang dan lainnya.

"Bagus banget, tadi juga keliling banyak banget yang dipamerkannya. Sekalian foto-foto juga di tank yang ada di Jalan Diponegoro itu," ucapnya.

Selain pameran Alutsista, pada hari terakhir juga disuguhkqn pertunjukan marching band, atraksi para polwan di atas motor, hiburan dan lainnya. Tak jatang pameran dijadikan untuk momen berswafoto ala anggota TNI. Karena masyarakat diperbolehkan mencoba semua alat-alat yang dipamerkan.

Untuk diketahui, Kapendam III/ Siliwangi Letkol Arh GTH Hasto Respatyo mengatakan dalam pameran ini senjata terbaru yang dimiliki TNI ditampilkan, seperti tank Leopard, Tank Marder, Meriam astros buatan dari Brazil kemudian aeriam 115 cesar buatan Perancis lalu meriam lainnya 57 MM buatan Rusia, 40 mm buatan Swedia dan lainnya.

Alutsista TNI angkatan darat, laut, dan udara dipamerkan kepada masyarakat. Perihal jumlah, senjata ini hanya sebagian saja, karena lainnya juga dipamerkan pada tingkat nasional.

"Ini merupakan pengenalan kepada masyarakat untuk lebih dekat lagi dengan TNI kemudian kita mengundang adik-adik dari siswa sekolah untuk mengenal lebih dalam tentang alutsista TNI. Kedua memberikan pelajaran atau pemahaman tentang bela negara," ungkapnya.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up