JawaPos Radar

Tak Hanya Kasus Hoax, Ratna Sarumpaet Bakal Terseret Kasus Lain

07/10/2018, 09:34 WIB | Editor: Ilham Safutra
Tak Hanya Kasus Hoax, Ratna Sarumpaet Bakal Terseret Kasus Lain
Ratna Sarumpaet (kanan) bakal terseret kasus lain, di samping kasus penganiayaan hoax (Miftahulhayat/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Kasus yang menjerat Ratna Sarumpaet tidak berhenti di penganiayaan hoax saja. Polisi pun mulai mengembangkan pada dugaan kasus lain, yakni penggunaan rekening penggalangan dana untuk membantu korban kecelakaan kapal di Danau Toba, Sumatera Utara beberapa waktu lalu. Ketika itu Ratna Sarumpaet ikut menggalang dana dan menggunakan rekening yang sama dengan pembayaran saat operasi plastik.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombespol Argo Yuwono menjelaskan, polisi akan memeriksa Ratna untuk membuka kasus tersebut. "Ya, pemeriksaan kedua akan dilakukan kembali kepada tersangka (Ratna Sarumpaet, Red)," ujarnya. Meski demikian, Argo mengatakan bahwa pihaknya belum berencana memanggil pihak lain.

Bagaimana dengan Amien Rais yang belum memenuhi panggilan? Menurut Argo, panggilan kedua dilayangkan pekan depan. "Tapi, harinya belum pasti," ucapnya kemarin.

Tak Hanya Kasus Hoax, Ratna Sarumpaet Bakal Terseret Kasus Lain
Infografis kasus hoax Ratna Sarumpaet (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Sementara itu, dalam wawancara sebelumnya, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menuturkan, penggalangan dana masyarakat seharusnya dilaporkan. "Kalau untuk internal itu perlu laporan pertanggungjawaban. Tapi, kalau yang besar, seharusnya ada audit independen," ujarnya.

Namun, saat ini penyidik masih berfokus pada kasus kebohongan atau hoax. Nanti, setelah kasus hoax-nya usai dan ada bukti yang mengarah ke pidana lain, penyidik pasti menelusurinya. 

(wib/idr/c9/oni)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up