JawaPos Radar

Premier League 2018-2019

Prediksi Liverpool vs Man City: Dihantui Keangkeran Anfield

07/10/2018, 08:59 WIB | Editor: Agus Dwi W
liverpool
Liverpool bertekad hentikan catatan tak terkalahkan Man City di Anfield Stadium. (Adrian Dennis/AFP)
Share this image

JawaPos.com - Stadion Anfield kembali menjadi saksi dari perseteruan Liverpool dengan Manchester City. Bahkan, pertemuan kali ini punya embel-embel mentereng. Liverpool dan City menjadi dua tim yang belum tersentuh kekalahan di Premier League musim ini.

Baik Liverpool maupun Man City sama-sama meraih 19 poin. Sama-sama meraih 6 kali kemenangan dan sekali imbang. Bedanya, selisih gol The Citizens lebih baik dari Liverpool. Sehingga mereka berhak berada di puncak klasemen sementara.

manchester city
Manchester City punya banyak pengalaman buruk ketika bermain di Stadion Anfield. (PAUL ELLIS / AFP)

Namun demikian, catatan apik skuad asuhan Josep Guardiola pada musim ini bisa tercoreng saat tampil di Stadion Anfield, Minggu (7/10) pukul 22.30 WIB. Pasalnya, Anfield tak pernah membiarkan The Citizens bersenang-senang. Musim lalu misalnya. Catatan 22 laga tak terkalahkan City di Premier League terhenti di Anfield saat Vincent Kompany dkk tumbang 3-4.

’’Sangat sulit. Bahkan, ini bisa dibilang sebagai laga tandang tersulit kami musim ini di Premier League,’’ sebut gelandang City Ilkay Gundogan, kepada ESPN. Musim lalu, Guendogan menciptakan gol terakhir City di Anfield.

’’Kami cuma perlu lebih percaya diri. Tak perlu nervous,’’ lanjut gelandang berkebangsaan Jerman itu dikutip Manchester Evening News.

Nah, Pep tentu tak ingin streak tujuh unbeaten timnya kembali terhenti di Anfield. Kembali kalah di Anfield, maka City memberi jalan bagi Jordan Henderson dkk mendominasi awal musim Premier League. Dikutip dari situs resmi klub, Pep sudah belajar dari tiga kali lawatannya ke Anfield. Dua lawatan di Premier League, sekali di Liga Champions.

Ada dua hal yang harus diredam tactician 47 tahun itu. Pertama, kerja sama trio attacking Liverpool:  Sadio Mane, Mo Salah, dan Roberto Firmino. Kedua, meredam total tembakan pemain The Reds ketika bertanding di Anfield.

Ambil contoh dari dua duel di Premier League dan Liga Champions musim lalu. Tujuh gol yang dilesakkan anak buah Juergen Klopp ke gawang City, lima di antaranya datang dari trio tersebut. Musim ini, dari 15 gol Premier League, 9 di antaranya adalah kreasi dari tiga momok lini depan The Reds. Namun, mantan entrenador Barcelona itu punya resep untuk meredam trio penyerang tajam Liverpool itu.

"Saya pikir Mane, Salah, dan Firmino selalu memegang bola saat menyerang. Untuk meminimalkannya, kami harus menghindari situasi itu,’’ tuturnya.

Mane dan Salah kerap menyerang dari sektor sayap. Itu sebabnya skema tiga bek tengah cocok untuk meredam agresivitas dan kecepatan dua penyerang terbaik The Reds saat ini tersebut.

Pep bisa belajar dari cara Napoli mengalahkan Liverpool 1-0 di matchday 2 Liga Champions, Kamis (4/10) kemarin. Liverpool tidak diberikan banyak celah untuk melakukan tembakan ke gawang. Tiga shots, tak satu pun yang mengarah ke gawang. 

Media-media Inggris banyak menyebut laga ini sebagai barometer penentuan calon juara musim ini. Terlepas dari status City sebagai juara bertahan di Premier League, Klopp masih menganggap City sebagai team to beat.

’’Mereka memiliki banyak uang, pelatih hebat, pemain top. Siapa yang tidak tertarik mengalahkan mereka?’’ sebut Kloppo kepada Liverpool Echo

5 Pertemuan Terakhir
26/07/18: Manchester City 1-2 Liverpool
11/04/18: Manchester City 1-2 Liverpool 
05/04/18: Liverpool 3-0 Manchester City
14/01/18: Liverpool 4-3 Manchester City
09/09/17: Manchester City 5-0 Liverpool 

5 Pertandingan Terakhir Liverpool
04/10/18: Napoli 1-0 Liverpool
29/09/18: Chelsea 1-1 Liverpool
27/09/18: Liverpool 1-2 Chelsea 
22/09/18: Liverpool 3-0 Southampton
19/09/18: Liverpool 3-2 Paris Saint-Germain

5 Pertandingan Terakhir Man City
02/10/18: Hoffenheim 1-2 Man City
29/09/18: Man City 2-0 Brighton & Hove Albion
26/09/18: Oxford United 0-3 Man City
22/09/18: Cardiff City 0-5 Man City
20/09/18: Man City 1-2 Olympique Lyonnais

Perkiraan susunan pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Robertson, Van Dijk, Gomez, Alexander-Arnold; Milner, Henderson, Wijnaldum; Mane, Firmino, Salah
Pelatih: Jurgen Klopp

Manchester City (4-3-3): Ederson; Zinchenko, Laporte, Otamendi, Walker; Bernardo, Fernandinho, D.Silva; Sane, Aguero, Sterling
Pelatih: Josep Guardiola

(jpg/adw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up