JawaPos Radar

Tertarik Filler, Ini 7 Hal yang Perlu Anda Ketahui

07/10/2018, 09:05 WIB | Editor: Deti Mega Purnamasari
Tertarik Filler, Ini 7 Hal yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi filler (Pinterest)
Share this image

JawaPos.com - Filler sudah menjadi tren bagi perempuan yang ingin mempertegas titik-titik wajahnya yang sudah mulai mengendur. Bahkan ada saja perempuan yang belum puas dengan titik wajah yang masih normal.

Jangan ragu jika Anda memang menginginkan perawatan ini, apalagi kalau sudah yakin menemukan dokter dan klinik terpercaya. Sebelum melakukan filler terdapat 7 hal yang perlu diketahui.

 

1. Mengandung Cairan Hyaluronic Acid

Teknik perawatan filler merupakan teknik yang masih direkomendasikan untuk mencegah keriput. Filler ini memakai teknik mengisi garis keriput dengan cairan untuk memuluskan kulit. Cairan yang digunakan adalah cairan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit yaitu hyaluronic acid. Cairan tersebut dapat menyimpan kelembaban sehingga memberi wajah terlihat lebih kencang dan terhidrasi.

 

2. Satu suntikan dapat membuat kulit tampak lebih halus

Salah satu manfaat filler menggunakan hyaluronic acid adalah kemampuan untuk menambah volume dan mengurangi kerutan hanya dengan satu kali kunjungan. Hasil biasanya berlangsung selama tiga hingga enam bulan, tergantung pada bagian titik injeksi. Penelitian menunjukkan bahwa suntikan HA dapat merangsang produksi kolagen, yang mengarah ke kulit yang tampak lebih segar dalam jangka panjang.

 

3. Mengembalikan Volume Wajah

Salah satu alasan seseorang memutuskan untuk filler adalah dilihat dari perubahan tekstur wajah dari dalam sehingga terlihat lebih mengendur. Tulang Anda terlihat lebih tipis dan lapisan lemak diatasnya bergeser kebawah.

"Kulit jadi melorot lebih rendah, menyebabkan lipatan yang lebih dalam di bagian bawah pipi Anda,” ujar Whitney Bowe, MD, dokter kulit di New York City.

Biasanya disuntikkan pada area dekat tulang pipi untuk mengembalikan volume pipi, mengangkat wajah, dan mengurangi tampilan garis senyum.

 

4. Hasil Bergantung Pada Bentuk Partikel Cairan

Walaupun seluruh teknik filler menggunakan hyaluronic acid, namun jika dikerjakan dalam bentuk partikel yang berbeda, hasilnya akan berbeda juga. Partikel-partikel yang lebih besar (Restylane Lift) memiliki bobot untuk ‘membangun kembali’ tulang pipi yang menipis, sementara ukuran partikel yang lebih kecil (Restylane Silk), bekerja lebih baik untuk mengatasi garis-garis halus dan bibir. Dokter kulit yang baik akan menjelaskan rencana perawatan yang ideal untuk Anda, tetapi ketahuilah bahwa hasil yang paling terlihat alami mungkin memerlukan lebih dari satu kali pengisian.

 

5. Jangan Panik Ketika Filler Tidak Sesuai

Jika Anda tidak puas dengan tampilan wajah setelah di filler, jangan panik.  Dokter kulit dapat menyuntikkan tambahan filler untuk memberi kesesuaian, atau bahkan Anda dapat meminta untuk menghilangkan filler tersebut.

 

6. Jangan Terburu-buru Untuk Filler

Meskipun filler dianggap aman, ada beberapa alasan untuk menunda suntikan. Jika Anda hamil, menyusui, atau sedang berjuang melawan infeksi sinus, sebaiknya ditunda, karena setiap infeksi di area wajah bisa menyebar ke tempat suntikan.

 

7. Filler Bukan Berarti Menghentikan Penuaan

Setelah sekitar enam bulan, filler hyaluronic acid secara alami larut dalam tubuh. Jadi, Anda harus mendapatkan suntikan sekali atau dua kali setahun untuk mempertahankan tampilan. Perlu diingat melakukan treatment filler ini bukan berarti menghentikan penuaan Anda, sehingga Anda tetap butuh konsistensi filler ketika cairan sebelumnya sudah mulai menyusut.

(Inr/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up