JawaPos Radar

Rekrutmen CPNS 2018

Bagi yang Minat Jadi PNS Kemenag, Silakan Cek Ini

07/10/2018, 06:09 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Tes CPNS
Ilustrasi Sejumlah pelamar CPNS saat sedang melakukan tes. (jpnn/jawapos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kementerian Agama (Kemenag) menjadi salah satu institusi yang paling diburu oleh pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sejak dibuka 28 September, jumlah pendaftar online melalui Sistem Seleksi CPNS Nasional  (SSCN) sudah lebih dari 100 ribu orang.

"Tercatat hingga Jumat (5/10) petang, sudah 106.072 orang yang mendaftar formasi CPNS Kemenag," ungkap Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan di Jakarta, Sabtu (6/10).

Menurut Nur Kholis, tingginya peminat pendaftar itu secra otomatis memposisikan Kemenag berada pada urutan kedua kementerian yang paling diminati, dari total 76 kementerian dan lembaga negara yang membuka seleksi CPNS tahun ini.

"Nomor satunya masih Kemenkumham,"  ujarnya.

Diketahui, pada seleksi CPNS tahun ini, Kemenag membuka formasi cukup banyak, mencapai 17.175. Formasi ini tersebar pada 128 satuan kerja, pusat dan daerah. Dari jumlah itu, 12 ribu di antaranya adalah untuk formasi tenaga fungsional guru dan 4.485 untuk fungsional dosen.

Sementara 690 lainnya adalah formasi untuk fungsional penyuluh, penghulu, jabatan fungsional tertentu lainnya, serta pelaksana.

Ditambahkan Nur Kholis, Kemenag telah memperpanjang masa pendaftaran online seleksi CPNS 2018 hingga 15 Oktober. Dalam regulasinya, diatur masa pendaftaran berlangsung selama 15 hari kalender. Jika dimulai pada 26 September misalnya, maka semestinya masa pendaftaran berakhir pada 10 Oktober.

"Jadi kami perpanjang pendaftaran hingga 15 Oktober pukul 23.59 WIB," jelasnya

Menurutnya, perpanjangan ini didasarkan pada surat Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) tanggal 3 Oktober tentang Perpanjangan Jadwal Pendaftaran CPNS tahun 2018.

Selain itu, perpanjangan ini agar dimanfaatkan para peminat untuk segera mendaftar secara online melalui sscn BKN. "Berkasnya juga jangan lupa segera dikirim ke satuan kerja yang dipilih," tandasnya.

(jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up