JawaPos Radar

Kecelakaan Maut di Perlintasan Margorejo

Polisi: Palang Pintu Kereta Api Memang Tidak Tertutup

06/10/2018, 15:51 WIB | Editor: Dida Tenola
Polisi: Palang Pintu Kereta Api Memang Tidak Tertutup
Kondisi Toyota Avanza yang ringsek usai ditabrak KA Mutiara Timur di Perlintasan Margorejo, Surabaya, Jumat malam (5/10) (Aryo Mahendro/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Polisi sudah mendalami tabrakan antara KA Mutiara Timur dengan mobil Toyota Avanza dan sepeda motor Honda Beat di perlintasan Margorejo, Surabaya, Jumat malam (6/10). Hasil sementara, ada unsur malfungsi dan kelalaian dari penjaga pintu kereta.

Malfungsi yang dimaksud yakni semua sarana komunikasi dan alarm tanda peringatan di pos penjagaan Margorejo tidak berbunyi. Polisi masih akan terus memastikan malfungsi sistem keamanan tersebut.

Kanit Lakalantas Polrestabes Surabaya AKP Antara mengatakan, alarm tanda peringatan seharusnya berbunyi saat kereta berangkat dari Stasiun Wonokromo. "Menurut pengakuan saksi (penjaga) pos palang kereta itu nggak berbunyi. Padahal, pos penjagaan lain di Jalan Jemursari dan Waru itu berbunyi. Kami sudah kroscek," kata Antara kepada JawaPos.com, Sabtu siang (6/10). 

Kendati demikian, polisi masih akan mencari keterangan saksi lain. Termasuk kepada korban yang saat ini masih dirawat di rumah sakit. Saat ini polisi masih memberikan kesempatan kepada korban untuk memulihkan diri.

Antara juga belum bisa memastikan penyebab peralatan di pos penjagaan Margorejo tidak berbunyi, Untuk sementara, polisi masih menganggap bila kecelakaan karena kelalaian Bambang, penjaga perlintasan KA. "Itu salah dia (Bambang) sendiri. Hanya kami belum tahu apakah dia sedang main handphone atau ngapain," terang mantan Kanit Lantas Polsek Bubutan itu.

Bukti itu diperkuat dengan hasil rekaman CCTV. Antara memastikan bahwa pihaknya sudah memeriksa kamera pengawas yang terpasang di traffic light. " Berdasarkan tayangan CCTV ditambah keterangan saksi lain di lokasi kejadian, palang pintu kereta memang tidak tertutup," ujarnya.

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up