JawaPos Radar

Hobi Berolahraga, Jadi Alasan Ratna Sarumpaet Ajukan Jadi Tahanan Kota

06/10/2018, 15:55 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Hobi Berolahraga, Jadi Alasan Ratna Sarumpaet Ajukan Jadi Tahanan Kota
Aktivis Ratna Sarumpaet ditangkap saat mau ke Chili (Humas Ditjen Imigrasi)
Share this image

JawaPos.com - Tersangka kasus penyebaran berita bohong, Ratna Sarumpaet berniat mengajukan diri sebagai tahanan kota di Rutan Ditkrimum Polda Metro Jaya.

Melalui pengacaranya, Insank Nasruddin, aktivis kemanusiaan itu mengaku sangat hobi berolahraga sehingga butuh waktu yang lebih leluasa ketimbang mendekam di balik jeruji besi.

Menurutnya, pengajuan sebagai tahanan kota paling lambat akan disampaikan ke Ditkrimum Polda Metro Jaya pada Senin, (8/10) nanti. Pengajuan tersebut akan dilakukan bersama tim pengacara Ratna Sarumpaet.

Hobi Berolahraga, Jadi Alasan Ratna Sarumpaet Ajukan Jadi Tahanan Kota
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono (Istimewa)

Insank mengatakan, alasan pengajuan tahanan kota untuk memudahkan Ratna untuk berolahraga dan cek kesehatan di rumah sakit.

"Ya kan sangat terbatas (di tahanan Polda) untuk melakukan aktivitasnya. Dia hobi olahraga, tentu aktivitasnya terbatasi. Kalau tahanan kota kan kesehatannya dia bisa lebih. Ketika dia akan berobat lebih gampang," ujarnya saat dikonfirmasi via telfon, Sabtu (6/10).

Terpisah, Kabid Humas Polda Metro, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, tersangka RS resmi ditahan malam tadi, Jumat (5/10). Tersangka pun sudah dilakukan penahanan dan ditempatkan di rumah tahanan perempuan di Direktorat Krimum Polda Metro Jaya.

Terkait rencana tersangka RS mengajukan tahanan kota, Argo menjawab bahwa upaya hukum tersebut merupakan hak dari tersangka untuk mengajukan sebagai tahanan kota. Kendati demikian, kewenangan tersebut bagian dari tim penyidik kasus penyebaran berita bohong wajah lebamnya akibat dianiaya sejumlah orang.

Penyidik mendapat bukti bahwa tersangka sudah memberikan berita tidak benar. Pemeriksaan kepada Ratna Sarumpaet masih berlanjut, menurutnya, penyidik masih mengagendakan pemeriksaan tambahan kepada tersangka.

"Penyidik masih melakukan pemeriksaan tambahan kepada RS. Karena ada beberapa hal yang belum selesai. Masih banyak pertanyaan yang belum selesai," kata Argo.

(wiw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up