JawaPos Radar

Ditinggal Perusahaan Eropa, Mobil Tiongkok Siap Banjiri Iran

06/10/2018, 16:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
sanksi iran, iran, mobil tiongkok, tiongkok, as,
Produsen mobil Tiongkok siap mengisi di Iran, sementara pembuat mobil Perancis menutup operasi mereka di Iran. Hal ini dilakukan setelah sanksi terhadap Teheran yang diterapkan oleh Amerika Serikat (IRNA)
Share this image

JawaPos.com - Produsen mobil Tiongkok siap mengisi di Iran, sementara pembuat mobil Perancis menutup operasi mereka di Iran. Hal ini dilakukan setelah sanksi terhadap Teheran yang diterapkan oleh Amerika Serikat (AS). Langkah Tiongkok terhadap Iran justru akan menambah perselisihan antara Tiongkok dan Washington.

Produsen mobil Perancis Renault, yang memiliki pangsa delapan persen di pasar otomotif Iran, terbesar ke-12 di dunia, mengumumkan akan bergabung dengan lebih dari 100 perusahaan internasional yang telah menarik diri dari Iran untuk menghindari sanksi AS.

Peugeot mengumumkan hengkang pada Juni. Perusahaan itu memiliki pangsa pasar 34 persen di Iran, menjual sekitar 500.000 mobil per tahun.

sanksi iran, iran, mobil tiongkok, tiongkok, as,
Ketika Presiden AS Donald Trump mengumumkan sanksi AS terhadap Iran pada 8 Mei, banyak skeptisisme tentang berapa banyak bisnis global (Hotflix)

Produsen mobil Jerman Daimler juga mengumumkan telah menghentikan kegiatannya di Iran, walaupun sebenarnya sangat terbatas, sampai pemberitahuan lebih lanjut sesuai dengan sanksi yang berlaku. Sebagian besar model baru dari Tiongkok akan dijual oleh Kerman Khodro dan anak perusahaannya.

Karmania, anak perusahaan tersebut, yang merupakan perwakilan resmi BYD Tiongkom, telah mengumumkan bahwa mereka akan mulai menjual dua model baru Song dan Tang dalam beberapa bulan mendatang.

Song adalah crossover kecil yang akan dikabarkan berharga USD 33.000 Memiliki mesin 2 liter, cocok dengan transmisi otomatis enam percepatan. Tang adalah mobil listrik dan mengklaim sebagai judul pengaya teratas di dunia pada tahun 2016.

Anak perusahaan lain Kerman Khodro, Rigan Khodro menawarkan dua mobil Tiongkom baru, Leopaard CS10 dan Hawtai A25. Saat ini prototipe model sedang diuji. Setelah tes, kedua model tersebut direncanakan untuk diimpor sebagai unit knock-down lengkap dan akan dirakit oleh Rigan Khodro.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up