JawaPos Radar

Pembangunan NCICD dan Pengerukan Waduk, Upaya Penanggulangan Banjir

06/10/2018, 12:59 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Pembangunan NCICD dan Pengerukan Waduk, Upaya Penanggulangan Banjir
Pembangunan proyek NCICD (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Banjir menjadi permasalahan legendaris di Ibu Kota Jakarta. Menjadi pusat Pemerintahan, membuat Pemprov DKI Jakarta terus berupaya mengurangi kuantitas titik dan genangan banjir dengan upaya-upaya yang telah direncanakan.

Sekretaris Dinas SDA Rodia Renaningrum menyatakan dalam menghadapi banjir tahun ini, ada beberapa hal yang menjadi fokus untuk dilakukan. Seperti misalnya pengerukan waduk di hulu.

"Kalau kita fokusnya lebih kepada pengerukan waduk yang berada di hulu, nanti diarahkan sebagai tampungan air. Lalu, pembangunan infrastruktur untuk pengendali banjir, kemudian melakukan pemeliharaan di saluran-saluran," tuturnya kepada JawaPos.com, Sabtu (6/10)

Menurutnya, adapun langkah lain yang akan dilakukan Pemprov DKI Jakarta adalah melanjutkan pembangunan tanggul pantai. Seperti yang diketahui, Pemprov DKI Jakarta bersama-sama Pemerintah Pusat membangun tanggul raksasa di Teluk Utara Jakarta.

"Lalu, pembangunan tanggul pantai untuk antisipasi banjir rob yang NCICD. Iya lanjut kalau kewenangannya sudah dibagi, titik mana yang menjadi kewenangan kita," jelas Rodia.

Melihat upaya-upaya tersebut, Rodia memandang perkembangan banjir di Jakarta berkurang dalam hal kuantitas titik genangan. Sehingga, dirinya meminta agar ke depan masyarakat juga mau bahu-membahu menjaga kebersihan Jakarta.

"Berkurang sih dari 3-4 tahun lalu, tapi kita selaku Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, karena masyarakat turut serta mengurangi. Jadi selain dampak bangunan, ada juga dampak pola perilaku masyarakat buang sampah ke Kali dan Sungai," tandasnya.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up