JawaPos Radar

Pesan Presiden di HUT TNI, Tetap Netral di Tahun Politik

06/10/2018, 13:00 WIB | Editor: Ilham Safutra
Pesan Presiden di HUT TNI, Tetap Netral di Tahun Politik
Presiden RI, Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Panglima TNI Marsekal TNI, Hadi Thajanto (kiri) saat menghadiri Upacara Peringatan HUT ke-73 TNI di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Jumat (5/10). (Miftahulhayat/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - HUT Ke-73 TNI menjadi momentum penting. Di tahun ini tengah berlangsung tahapan kampanye Pemilu Serentak 2019. Selama tahapan pesta demokrasi itu, Presiden Jokowi meminta kepada seluruh prajurit TNI untuk tetap menjaga netralitas dan tidak terlibat politik praktis.

Jokowi mengatakan, sesuai ajaran Jenderal Soedirman, politik TNI adalah politik negara. Loyalitas tentara hanya untuk kepentingan bangsa dan negara. Pesan tersebut disampaikan Jokowi di hadapan ribuan prajurit TNI yang hadir dalam upacara.

"TNI adalah milik nasional yang berada di atas semua golongan, yang tidak terkotak-kotak oleh kepentingan politik sempit," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari siap memberikan dukungan peningkatan anggaran pertahanan TNI setiap tahun. "Peningkatan anggaran ini penting agar TNI dapat meningkatkan kapabilitas dan kemampuannya sehingga tercapai postur kekuatan pokok minimum," jelas anggota DPR asal Fraksi PKS itu.

Sebagai mitra TNI, komisi I terus mendorong agar tercapai anggaran pertahanan 1,5 persen dari produk domestik bruto (PDB). Selain itu, komisi I mendukung program modernisasi alutsista TNI.

"Modernisasi alutsista TNI merupakan kebutuhan mendesak, khususnya apabila dihadapkan dengan kompleksitas bentuk ancaman, model peperangan, serta dinamika perkembangan lingkungan strategis," jelas Kharis. 

(bay/far/syn/c10/oni)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up