JawaPos Radar

Awal Musim Penghujan di Jakarta Dimulai November dan Desember

06/10/2018, 12:20 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Awal Musim Penghujan di Jakarta Dimulai November dan Desember
Ilustrasi. (Batam Pos/ Jawa Group)
Share this image

JawaPos.com - Menjelang musim penghujan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mulai menjalin kordinasi-kordinasi dengan Pemerintah Daerah utamanya DKI Jakarta.

Kabag Humas BMKG Hary Tirto Djatmiko menyatakan Jakarta menjadi wilayah yang rawan banjir jika musim penghujan tiba. Sebagai informasi, Hary menyampaikan awal musim penghujan wilayah Jakarta akan jatuh pada Bulan November dan Desember.

"Untuk wilayah Jakarta itu untuk awal musim hujannya itu di November dan Desember. Jadi, November itu bagian Selatan dulu, nanti di bagian Utara baru Desember, itu normalnya seperti itu," tuturnya saat dihubungi JawaPos.com, Sabtu (6/10).

Hary menambahkan musim penghujan biasanya diawali dengan masa transisi hujan yang memang terjadi sebelumnya di daerah terdekat Jakarta. Seperti misalnya, Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang.

"Artinya kalau musim hujannya di bagian Selatan lebih dulu nanti di Utara belakangan. Ada Masa transisi itu di Oktober-November secara bertahap berbeda-beda tiap wilayahnya," jelas Hary.

Dengan kabar tersebut, Hary menuturkan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah setempat untuk bersiap siaga. Sehingga, jika banjir datang masyarakat pun sudah tanggap dalam menyiasatinya.

"Koordinasi sudah, kan di bulan September sudah dilakukan dengan Dinas terkait. Mereka sudah melakukan kesiapsiagaan manakala ada potensi hujannya yang bisa berdampak dan tim bisa diterjunkan," tandasnya.12:17:07

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up