JawaPos Radar

Maskapai Sambut Positif Wacana Perubahan Status Bandara Abd Saleh

06/10/2018, 11:41 WIB | Editor: Dida Tenola
Maskapai Sambut Positif Wacana Perubahan Status Bandara Abd Saleh
Suasana Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang, yang akan naik menjadi bandara internasional. (Tika Hapsari/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Wacana perubahan status Bandara Abdul Rachman Saleh Malang menjadi bandara Internasional disambut positif oleh maskapai penerbangan. Mereka berharap, perubahan status bisa lebih meningkatkan traffic yang masuk ke Malang. 

Manager Sales & Service Garuda Indonesia Branch Office Malang Widyo Pramono mengatakan, sebenarnya untuk kesiapan menjadi bandara Internasional yang mengajukan adalah otoritas bandara, bukan pihak maskapai. 

Namun menurutnya, Lanud maupun pemerintah sudah siap apabila nantinya status Bandara Abdul Rachman Saleh meningkat menjadi Internasional. "Mereka sudah siap. SkyTeam-nya sudah international minded. Kapanpun (siap), tergantung bandara," ujarnya, Sabtu (6/10).

Dia menyampaikan, adanya wacana tersebut menjadi angin segar bagi maskapai. Apalagi, load factor (keterisian) maskapai Garuda saat ini cukup bagus. "Traffic yang masuk ke Malang, keterisian Garuda untuk bulan September mencapai 80 persen," tambahnya.

Sedangkan untuk rata-rata load factor dari Januari hingga Agustus tahun ini mencapai 78 persen. "Untuk rute Malang sudah untung," lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan sinyal positif terkait perubahan status bandara Abdul Rachman Saleh. Menurutnya, saat ini sudah ada empat bandara Internasional yang mengajukan izin rute masuk lewat Abdul Rachman Saleh. Yakni Singapura, Kuala Lumpur,  Penang, dan Hongkong. 

 

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up