JawaPos Radar

Akhirnya Pemkot Solo Layangkan Surat Pengosongan HP 105

06/10/2018, 09:36 WIB | Editor: Dida Tenola
Akhirnya Pemkot Solo Layangkan Surat Pengosongan HP 105
Spanduk protes warga Jebres Tengah yang menempati lahan HP 105 milik Pemkot Solo. (Damianus Bram/Radar Solo/Jawa Pos Group)
Share this image

JawaPos.com- Pemkot Solo akhirnya mengambil sikap tegas terhadap puluhan warga yang menempati lahan hak pakai (HP) Pemkot 105, Jebres. Pemkot sudah melayangkan surat perintah pengosongan kepada warga yang menempati lahan tersebut.

Pengosongan diberikan batas waktu hingga Senin (7/10) mendatang. "Kami sudah melayangkan surat perintah pengosongan, warga diminta untuk segera mengosongkan lahan. Kami sudah memberikan waktu cukup lama," kata Kepala Satpol PP Sutarja kepada JawaPos.com, Sabtu (6/10).

Warga saat ini menempati lahan yang akan digunakan untuk perluasan Solo Techno Park (STP). Jika sampai batas waktu yang ditetapkan warga masih juga tidak kooperatif, maka Satpol PP akan mengosongkan paksa. "Kalau sampai batas waktu tetap tidak dikosongkan, kami akan melakukan pengosongan paksa. Dan bangunan akan kami bongkar paksa," tegas Sutarja.

Dengan adanya perintah pengosongan ini, maka dispensasi kepada warga juga sudah tertutup. Pemkot tidak lagi menawarkan hunian Rusunawa maupun kios di Pasar Panggungrejo seperti yang pernah ditawarkan sebelumnya.

Sebab, selama ini Pemkot sudah memberikan batas waktu kepada warga akan tetapi warga tidak menerimanya. "Kami selama ini menunggu dari warga, tetapi ternyata tidak juga ditanggapi. Ya maaf saja kalau nanti kami lakukan pengosongan paksa," ucapnya.

Sikap tegas dari Pemkot ini menyusul pemeriksaan yang dilakukan oleh Ombudsman Republik Indonesia ( ORI) Perwakilan Jawa Tengah (Jateng) beberapa waktu lalu. Dari hasil pemeriksaan tersebut, ORI tidak menemukan adanya maladministrasi yang dilakukan oleh Pemkot Solo sebagaimana yang dituduhkan oleh warga. Dengan begitu, maka Ombudsman pun menyerahkan sepenuhnya penanganan sengketa tersebut kepada Pemkot Solo.

 

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up