JawaPos Radar

Bantu Indonesia, Korea Kirim Pesawat Pengangkut Militer ke Sulawesi

06/10/2018, 09:35 WIB | Editor: Deti Mega Purnamasari
Bantu Indonesia, Korea Kirim Pesawat Pengangkut Militer ke Sulawesi
Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia, Kim Chang Beom di acara pembukaan Korea Festival 2018 (Korea Cultural Center (KCC) Indonesia)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Republik Korea akan menyalurkan bantuan kemanusiaan tambahan berupa dua unit pesawat pengangkut militer dan bantuan logistik darurat untuk Indonesia dalam rangka mengurangi dampak gempa yang terjadi di Palu, Donggala, dan Sigi, Sulawesi Tengah.

Pihak Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia melalui siaran pers-nya mengatakan, bantuan tersebut akan dikirim pada 8 Oktober mendatang. Menurut Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia, Kim Chang Beom, bantuan ini merupakan langkah kedua Pemerintah Korea Selatan dalam membantu Indonesia setelah bantuan sebesar 1 USD, untuk membantu mengatasi kondisi darurat di Sulawesi Tengah.

"Indonesia saat ini menghadapi sejumlah kendala dalam menjalankan kegiatana penanganan evakuasi dan penyaluran logistik dikarenakan terjadinya keretakan landasan pesawat di bandara, keurntuhan jembatan, dan lain-lain," ujarnya, Jumat (5/10) malam.

Ia melanjutkan, setelah melakukan pembahasan bersama dengan Pemerintah Indonesia, Pemerintah Republik Korea telah memutuskan untuk mengirmkan pesawat pengangkut militer dan awak militer sebanyak 31 orang. Mereka, katanya, akan mengoperasikan pesawat pengangkut militer tersebut selama waktu yang ditentukan ke lapangan kejadian musibah di Indonesia.

Pesawat tersebut akan mengangkut 130 unit tenda untuk digunakan sebagai tempat pengungsian sementara para korban di sana. Melalui bantuan tersebut, Pemerintah Republik Korea berharap akan mempermudah proses pemulihan bagi masyarakat dan Pemerintah Indonesia yang sedang menghadapi situasi yang sulit.

"Kami juga berharap dengan bantuan tersebut, disampaikan pula harapan masyarakat Republik Korea yang mendoakan situasi di Indonesia cepat pulih dan masyarakat Indonesia bisa bangkit kembali dari kepiluan," pungkasnya. 

(dmp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up