JawaPos Radar

Prostat Bengkak? Simak Gejala Penyakit Kanker yang Diidap Rudy Wowor

06/10/2018, 07:32 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
rudy wowor, kanker prostat, gejala kanker prostat,
Rudy Wowor meninggal di usia 74 tahun karena kanker prostat yang dideritanya. (YouTube)
Share this image

JawaPos.com - Pernahkah mendengar pria mengeluh prostatnya bermasalah? Kanker prostat jadi perbincangan setelah salah satu aktor kenamaan Indonesia, Rudy Wowor meninggal dunia karena penyakit tersebut.

Lalu, apakah jika prostat pria bengkak atau bermasalah sudah pasti kanker? Prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Kelenjar prostat mengelilingi uretra, yaitu saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke penis.

Dokter Spesialis Bedah dan Konsultan Bedah Onkologi dr. Sonar Soni Panigoro, Sp.B(K)Onk menegaskan bengkak atau keluhan pada prostat belum tentu kanker. Namun hal itu bisa mengarah ke arah kanker jika tak segera ditangani atau tak segera terdeteksi secara dini.

rudy wowor, kanker prostat, gejala kanker prostat,
Ilustrasi. Kanker prostat bisa disembuhkan jika terdeteksi sejak dini. (rapidleaks.com)

"Gejalanya antara hanya bengjak atau kanker prostat sama. Lebih sering buang air kecil lalu bisa juga nyeri. Nah yang membedakan adalah usia. Jika usianya di atas 50an dengan gejala tersebut maka harus waspada untuk skrining kanker dengan tes darah," tegas Sonar kepada JawaPos.com, Jumat (5/10).

Pada tahap awal, kanker prostat umumnya tidak menimbulkan gejala. Akan tetapi ketika pembengkakan prostat telah memengaruhi uretra atau kanker mulai menyebar, maka akan timbul gejalanya.

Di antaranya lebih sering buang air kecil, terutama saat malam hari. Merasa nyeri atau lebih sulit buang air kecil. Terdapat darah dalam air seni. Saat batuk pun bisa tak sengaja keluar air seninya.

Menurut dr. Sonar, jika sudah stadium lanjut dan menyebar (metastase), rasa nyeri akan lebih terasa. Penyebaran bisa terjadi ke daerah tulang.

"Metastasenya ke daerah tulang. Sakit atau nyeri tulangnya. Beberapa kasus awalnya dikira sakit punggung ternyata sudah menyebar," ujarnya.

Jika hanya bermasalah atau bengkak biasa pada prostat, usai dioperasi masalah pada pasien akan selesai. Namun tak demikian dengan kanker prostat. Maka untuk meyakinkan gejala tersebut kanker atau bukan, pasien disarankan untuk ikut tes darah dengan tes PSA (prostate-specific antigen atau antigen khusus prostat).

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up