JawaPos Radar

Walah! Otak Perampokan Tauke Sawit Ternyata Seorang Sekdes

Polisi Bekuk Seluruh Pelaku

06/10/2018, 07:31 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Walah! Otak Perampokan Tauke Sawit Ternyata Seorang Sekdes
Ilustrasi pelaku kejahatan diborgol (Dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Anggota Satreskrim Polres Merangin, berhasil meringkus tiga DPO kasus perampokan toke sawit yang terjadi pada 30 November 2017 lalu di Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin. Ketiga pelaku yakni HP,35, warga Kecamatan Margo Tabir, SN,35, warga Musi Rawas dan AM,40, warga Desa Mensango yang merupakan Sekretaris Desa Mesango.

Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Kuswahyudi Tresnadi, saat dikonfirmasi membenarkan penangkapan ini. Kata Dia, ketiganya kini diamankan di Mapolres Merangin.

“Iya, sekarang para pelaku diamankan di Polres Merangin untuk proses pemeriksaan lebih lanjut,” ujar AKBP Kuswahyudi Tresnadi seperti dikutip Jambi Ekspres (Jawa Pos Group), Sabtu (6/10).

Dari hasil pemeriksaan, kata Dia, otak pelaku dalam perampokan yang berhasil membawa kabur uang puluhan juta rupiah ini adalah AM yang merupakan Sekdes.

Menurutnya, Sekdes bertugas sebagai penggambar lokasi yang ingin dirampok. Nantinya jika situasi benar-benar aman, maka diinformasikan kepada pelaku lainnya. “Jadi Dia ini otak dalam perampokan. Semuanya sudah diatur,” jelasnya.

Lebih lanjut mantan Kapolres Tanjab Barat, ini menjelaskan, pengungkapan gembong perampokan ini bermula dari penangkapan SN. Dia diamankan ketika sedang berada di rumahnya.

Saat penangkapan, Dia mencoba melarikan diri. Namun, petugas yang tidak ingin kecolongan, langsung melumpuhkan SN dengan timah panas.

Setelah diperiksa, barulah didapat dua orang lainnya. Berikutnya, petugas menggerebek rumah tersangka HP. Hal serupa terjadi, yang bersangkutan berusaha kabur. “Petugas melepaskan tembakan peringatan tidak dihiraukan. Jadi dilakukan tindakan tegas dan terukur dengan melumpuhkannya,” bebernya.

Tersangka terakhir yang diamankan yakni AM. Dia dibekuk di rumahnya. Dia juga berusaha kabur saat penangkapan. Namun, dilumpuhkan dengan timah panas.

(ask/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up