JawaPos Radar

Liga 1 2018

Prediksi Arema FC vs Persebaya: Berebut Mahkota Raja Jawa Timur

06/10/2018, 04:37 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Persebaya Surabaya, Arema FC, Liga 1 2018, Stadion Kanjuruhan
Persebaya bertekad meraih kemenangan di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (6/10) sore WIB (Official Persebaya)
Share this image

JawaPos.com – Dua tim asal Jawa Timur (Jatim), Arema FC dan Persebaya Surabaya, akan saling bertatap muka, Sabtu (6/10) sore WIB di Stadion Kanjuruhan. Kedua tim sama-sama berambisi untuk memenangkan pertandingan ini demi mahkota raja Jawa Timur.

Duel dua tim yang sama-sama menempati papan tengah ini menjadi big match pekan ke-24 Liga 1 2018. Sebagai tuan rumah, Arema FC memang diuntungkan karena mereka akan bermain di hadapan pendukungnya sendiri.

Bahkan, panitia pelaksana (Panpel) pertandingan Arema FC telah mengumumkan bahwa tiket laga ini sudah ludes terjual. Aremania - sebutan untuk pendukung Arema FC, akan membirukan Kanjuruhan, dan memberikan teror bagi tim metropolitan Persebaya.

Persebaya Surabaya, Arema FC, Liga 1 2018, Stadion Kanjuruhan
Arema FC siap memberikan hasil terbaik bagi Aremania saat menjamu Persebaya (M Idris Jian Sidik/Radar Banjarmasin)

Selain diuntungkan karena dukungan dari para pencintanya, Arema juga dikenal kuat di Kanjuruhan. Mereka jago kandang. Statistik menyebutkan bahwa Arema belum pernah kalah di Kanjuruhan pada musim ini.

Hanya saja, dari sebelas pertandingan kandang sepanjang Liga 1 2018, tim berjuluk Singo Edan itu baru memenangkan lima laga. Sedangkan enam pertandingan sisanya berakhir dengan imbang.

Pelatih Arema FC, Mian Petrovic mengaku sudah menganalisis kekuatan tim pujaan Bonek tersebut. Petrovic sudah menimbang kelebihan dan kelemahan skuad besutan Djadjang Nurdjaman itu.

"Mereka cukup kuat di sektor depan dan sayap. Saya melihat ada dua hingga tiga pemain penting di timnya," sebut Petrovic.

David da Silva mungkin sosok yang dimaksud Petrovic. David adalah top skorer sementara Liga 1 2018 dengan 16 gol. Selain David, Arema juga ekstrawaspada terhadap winger Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Irfan Jaya.

Bagaimana dengan Persebaya? Walaupun memiliki lini depan tajam, Persebaya buruk di lini belakang. Apalagi mereka tak akan tampil penuh karena sejumlah bek andalan harus absen karena cedera dan hukuman larangan bermain.

Bahkan, Otavio Dutra yang sebenarnya belum sembuh benar, turut dibawa ke Malang. Dutra mungkin dipersiapkan sebagai pelapis bagi duo bek tengah yang akan diturunkan di Malang yakni M Syaifuddin dan Andri Muliadi.

Selain itu, Persebaya belum bisa memainkan Raphael Maitimo. Gelandang naturalisasi yang datang dari Madura United itu belum bisa merumput karena cedera. Belum ada kepastian kapan eks Persib Bandung itu akan merumput lagi.

Kendati datang ke Malang dengan kekuatan pincang, pelatih Djadjang Nurdjaman tak ambil pusing. Djadjang bahkan sangat optimistis Persebaya pulang dengan membawa poin. "Kami tak akan bermain bertahan," tegas Djanur - sapaannya.

Rasa percaya diri juga terpancar dari wajah Irfan Jaya. Winger Timnas Indonesia itu mengaku penasaran dengan atmosfer di kandang Arema FC. Sama seperti Djanur, Irfan Jaya juga tak mau Persebaya kalah di Malang.

"Saya sudah lama tidak mencetak gol. Saya berharap bisa mencetak gol di pertandingan berikutnya. Baik bersama Persebaya maupun Timnas," tegas mantan pemain PSM Makassar U-21 ini.

Well, patut dinanti siapa yang akhirnya memakai mahkota raja Jawa Timur. Pada pertemuan pertama, Persebaya mampu memakainya usai menang 1-0. Pastinya, Arema FC akan berusaha merebutnya kali ini dengan gantian meraih kemenangan. Layak dinanti duel panas super derby Jawa Timur.

Riwayat Pertemuan Kedua Tim:
Liga 1 2018: Persebaya 1-0 Arema FC
PGK 2018: Persebaya 0-2 Arema FC
ISL 2009-2010: Arema FC 1-0 Persebaya
ISL 2009-2010: Persebaya 2-0 Arema FC
Divisi Utama 2007: Persebaya 1-1 Arema FC
Divisi Utama 2007: Arema FC 2-1 Persebaya

5 Laga Terakhir Arema FC
22/09/18 Persipura 1-0 Arema FC
17/09/18 Arema FC 2-0 Madura United
13/09/18 Persib 2-0 Arema FC
11/08/18 Arema FC 2-2 Borneo FC
05/08/18 Arema FC 1-1 Persija

5 Laga Terakhir Persebaya
22/09/18 Persebaya 4-1 Mitra Kukar
16/09/18 Sriwijaya FC 3-3 Persebaya
11/09/18 Persebaya 0-2 PS Tira
02/09/18 PSBI 0-14 Persebaya
12/08/18 Barito Putera 3-2 Persebaya

Perkiraan Susunan Pemain
Arema FC (4-4-2): Utam Rusdiana; Israel Wamiau, Bagas Adi Nugroho, Hamka Hamzah, Johan Alfarizi; Hanif Sjahbandi, Alfin Tuasalamony, Hendro Siswanto, Makan Konate; Sunarto, Dedik Setiawan
Pelatih: Milan Petrovic

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra; Abu Rizal Maulana, Andri Muliadi, M Syaifuddin, Ruben Sanadi; Rendi Irwan, Muhammad Hidayat, Robertino Pugliara; Irfan Jaya, David Da Silva, Osvaldo Haay
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Prediksi JawaPos.com
Arema FC Menang: 40 %
Persebaya Menang: 30 %
Imbang: 30 %

(saf/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up