JawaPos Radar

Adu Banteng Android One: Xiaomi Mi A2 Vs Nokia 6.1 Plus, Pilih Mana?

06/10/2018, 08:10 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Xiaomi Mi A2, Nokia 6.1 Plus, Android One Xiaomi dan Nokia
Smartphone Android One alias Android Murni Xiaomi Mi A2 (kiri) dan Nokia 6.1 Plus. (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Beberapa waktu belakang, dua vendor besar beda negara, yakni Xiaomi dari Tiongkok dan Nokia dari Finlandia, membesut smartphone terbaru mereka. Keduanya sama-sama mengemas smartphone Pure Android dalam dagangan mereka. Xiaomi punya Mi A2 dan Mi A2 Lite, sedangkan Nokia punya Nokia 6.1 Plus.

Merujuk pada peluncuran dua brand tersebut, JawaPos.com akan membuat perbandingan alias komparasi kedua produk bikinan masing-masing vendor itu. Baik Nokia 6.1 Plus ataupun Xiaomi Mi A2 agaknya menyasar segmen yang sama, yakni kelas menengah ke atas dengan range harga Rp 3 jutaan.

Khusus untuk Xiaomi Mi A2, smartphone tersebut baik di pasar smartphone lokal maupun global hadir dengan dua varian, yaitu varian termurah dengan Xiaomi Mi A2 Lite. Namun untuk mempermudah produk dimaksud, perbandingan yang kami lakukan hanya fokus pada Xiaomi Mi A2 (biasa) saja. Sebab perbandingan yang kami lakukan merujuk pada kesamaan sistem operasi Android One dan segmen pasar yang dituju dengan range harga yang kami singgung di atas.

Perlu digarisbawahi, komparasi yang JawaPos.com lakukan hanya merujuk pada kemiripan spesifikasi beserta harga yang tidak terlalu beda jauh. Belum sampai ke pengujian produk lebih lanjut. Hal ini dimaksud agar dapat memberikan gambaran kepada konsumen tentang smartphone Android Murni mana yang pas untuk mereka sesuai dengan spesifikasi yang ada. Tanpa banyak bicara lagi, mari kita mulai ulasannya.

Dapur Pacu

Pertama, mengawali langkah yang paling krusial, JawaPos.com akan memulai dari urusan jeroan atau dapur pacunya. Sebagai permulaan, kami akan memulai lebih dahulu dari Xiaomi
Mi A2. Xiaomi Mi A2 untuk urusan jeroan hadir dengan chipset besutan Qualcomm, yakni Qualcomm Snapdragon 660, octa-core 2.2 GHzOcta-core (4x2.2 GHz Kryo 260 & 4x1.8 GHz Kryo 260). Berdampingan dengan perfroma CPU, Xiaomi Mi A2 dibekali dengan Andreno 512 GPU.

Xiaomi Mi A2, Xiaomi Mi A2 keunggulan, Android One Xiaomi Vs Nokia
Tampilan depan dan belakang Xiaomi Mi A2. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Untuk pasar Indonesia, Xiaomi Mi A2 hadir dengan RAM 4 GB dan internal storage 64 GB. Sayang seribu sayang, Xiaomi Mi A2 untuk urusan penyimpanan mentok pada internal storage
seadanya saja. Sebab smartphone tersebut tidak memiliki kapabilitas untuk diekspansi ruang simpannya menggunakan slot MicroSD. Padahal untuk urusan penyimpanan, hadirnya slot
MicroSD bisa dibilang sangat penting untuk mengatasi keterbatasan tempat penyimpanan internal.

Beralih ke produk selanjutnya, ada Nokia 6.1 Plus. Nokia 6.1 Plus sama dengan Xiaomi Mi A2, yakni sama-sama dibekali prosesor Qualcomm untuk dapur pacunya. Bedanya, jika Xiaomi Mi A2 datang dengan jeroan Snapdragon 660, Nokia 6.1 Plus hanya dibekali dengan CPU Octa-core 1.8 GHz Kryo 260 Snapdragon 636. Bersanding dengan performa CPU-nya, Nokia 6.1 Plus dengan Snapdragon 636 hadir dengan pengolah grafis alias GPU Adreno 509.

Ruang simpannya, Nokia 6.1 Plus hadir dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Jika ruang simpannya kurang, pengguna masih diberikan keleluasaan dengan mengekspansi ruang simpannya menggunakan slot MicroSD. Berbeda dengan Xiaomi Mi A2 yang ruang simpannya tidak bisa diperluas sama sekali, Nokia 6.1 Plus justru bisa diekspansi hingga 400 GB dengan MicroSD.

Untuk segi performa, kedua smartphone tersebut masing-masing memiliki keunggulan. Xiaomi dari perbandingan spesifikasi menang dengan membawa chipset Snapdragon 660 AIE yang notabene lebih unggul dan lebih baru ketimbang Snapdragon 636 milik Nokia 6.1 Plus.

Meski begitu, menilik tren saat ini, vendor gemar membawa-bawa nama Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Kedua smartphone ini sama-sama memiliki kemampuan untuk urusan AI. Namun jika melihat dari ruang simpan, Xiaomi Mi A2 agaknya lemah jika diadu dengang Nokia 6.1 Plus karena tidak memiliki slot MicroSD untuk mengekspansi ruang penyimpanannya.

Desain Layar

Berpindah ke perbandingan selanjutnya, yakni desain dan layar. Xiaomi Mi A2 hadir dengan layar full view biasa dan belum mengenakan poni atau notch. Untuk materialnya, Xiaomi Mi A2 mengemas layar bermaterial IPS LCD dengan bentang layar seluas 5,99 inci.

Kemampuannya sendiri memiliki resolusi Full HD Plus 1.080 x 2.160 piksel dengan kerapatan 403 ppi. Smartphone Xiaomi ini untuk urusan layar hadir dengan aspek rasio 18:9. Fitur 2,5 D Curved Display juga tampil dengan Corning Gorilla Glass 5.

Nokia 6.1 Plus, Nokia 6.1 Plus keunggulan, Android One Xiaomi Vs Nokia
Tampilan depan dan belakang Nokia 6.1 Plus. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Beralih meninggalkan Xiaomi Mi A2, ada perangkat Nokia 6.1 Plus. Nokia 6.1 Plus untuk urusan layar lebih revolusioner ketimbang Xiaomi Mi A2. Bukan tanpa alasan, di tengah tren layar berponi yang banyak diusung pabrikan smartphone lain, Xiaomi Mi A2 justru absen membawa desain layar tersebut. Lain dengan Nokia 6.1 Plus yang memilih hadir dengan konsep layar ber-notch mengikuti tren kekinian banyak vendor.'

Untuk kemampuannya, Nokia 6.1 Plus mengemas layar berukuran 5,8 inci. Resolusinya sendiri juga sudah Full HD Plus dengan 1.080 x 2.280 piksel yang memiliki kerapatan 432 ppi. Materialnya sendiri mirip dengan Xiaomi Mi A2 yakni IPS LCD dengan aspek rasio 19:9. Mendukung performa layarnya, Nokia 6.1 Plus juga sudah dibekali dengan Corning Gorilla Glass 3 sebagai fungsi ketahanan bilamana jatuh ataupun terbentur benda-benda keras.

Faktor lain dari segi desain, antara Xiaomi Mi A2 dengan Nokia 6.1 Plus atau Nokia X6 di pasar global memiliki perbedaan yang terbilang signifikan. Nokia 6.1 Plus mulai mengenakan desain
bodi bekilauan dengan warna-warna mencolok seperti Gloss Black, Gloss White, dan Gloss Midnight Blue. Sementara Xiaomi Mi A2 belum melakukan hal tersebut dengan bodi yang belum berkilauan dengan warna-warna doff seperti Black, Gold, Blue, Red, dan Rose Gold.

Kamera

Faktor selanjutnya, yang tidak kalah penting dalam pertimbangan konsumen saat ingin membeli smartphone baru adalah urusan fotografi atau kamera. Kedua smartphone yang kami bandingkan, yakni Xiaomi Mi A2 dan Nokia 6.1 Plus sama-sama mengenakan kamera ganda untuk sektor fotografi utamanya.

Xiaomi Mi A2 hadir dengan kamera utama dengan kemampuan 12 MP (f/1.8) 1.25 mikron depth sensor dan 20 MP (f/1.8) 1.0 mikron PDAF. Beberapa fitur penting pada kamera utamanya antara lain pengambilan gambar HDR, panorama, perekaman video 2160 piksel 30fps, 1080 piksel 30fps, 720 piksel 120 fps, Electronic Image Stabilization (EIS), dan Gyro.

Sementara untuk kamera depannya, Xiaomi Mi A2 membawa resolusi 20 MP (f/2.2) 1,0 mikron dengan kemampuan Auto-HDR dan video 1080p 30 fps. Kedua sisi kamera Xiaomi Mi A2 hadir dengan LED Flash untuk penerangan pada kondisi minim cahaya.

Bergeser ke Nokia 6.1 Plus, smartphone bikinan vendor legendaris ini hadir dengan kemampuan kamera yang tidak seandal Xiaomi Mi A2. Mengapa demikian? Pasalnya untuk aspek kamera, baik kamera utama maupun kamera selfie, Nokia 6.1 Plus memiliki ukuran sensor yang lebih kecil. Sebut saja kemampuannya yakni 16 MP (f/2.0) 1.0 mikron PDAF dan 5 MP (f/2.4) 1.12 mikron depth sensor untuk kamera utamanya.

Fitur-fitur penting pada kamera utama antara lain, LED dual-tone Flash, panorama, HDR, dan perekaman video 1080 piksel 30 fps EIS dan Gyro. Sementara kamera depannya 16 MP (f/2.0)
1,0 mikron.

Xiaomi Mi A2, Nokia 6.1 Plus, Android One Xiaomi Vs Nokia
Perbandingan spesifikasi Xiaomi Mi A2 dengan Nokia 6.1 Plus. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Baik Xiaomi maupun Nokia, kedua brand tersebut sama-sama hadir dengan beberapa fitur kekinian lainnya seperti AI camera, efek filter beuaty, dan mode manual. Untuk urusan kamera, Xiaomi boleh dikatakan unggul dari aspek angka-angka untuk kemampuan resolusi yang cukup tinggi.

Hal tersebut berlaku untuk kamera utama maupun kamera selfie perangkat milik pabrikan asal Tiongkok itu. Jadi untuk resolusi, Nokia dengan 6.1 Plus-nya harus mengakui keunggulan kamera Xiaomi Mi A2.

Daya Baterai, Keamanan, dan Harga

Terakhir untuk perbandingan atau 'adu banteng' kedua brand tersebut adalah daya baterai, keamanan, dan harga. Untuk Xiaomi Mi A2, smartphone tersebut mengonsumsi daya baterai sebesar 3.010 mAh. Daya baterai tersebut diklaim Xiaomi dapat terisi cepat berkat fitur fast charging yang ada.

Untuk fitur keamanan, Xiaomi Mi A2 hadir dengan keamanan berupa fingerprint scanner di bagian belakang dan face unlock yang terintegrasi dengan kamera depan. Xiaomi Mi A2 dilepas di pasaran Indonesia dengan harga Rp 3,699 juta.

Sementara Nokia 6.1 Plus, smartphone tersebut hadir dengan sokongan konsumsi daya baterai sebesar 3.060 mAh. Dari aspek security, Nokia 6.1 Plus juga sama dengan Xiaomi Mi A2, yakni sama-sama dibekali dengan kemampuan pemindai sidik jari dan face unlock.

Urusan kantong, Nokia 6.1 Plus dilepas HMD Global selaku pemegang lisensi merk dagang Nokia dengan harga lebih murah dari Xiaomi Mi A2, yakni sebesar Rp 3,399 juta.

Bagaimana? Sudah ada gambaran soal smartphone dengan Stock Android yang ingin sobat Tekno JawaPos.com beli? Baik Nokia ataupun Xiaomi sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Solusinya, sesuaikan kebutuhan dengan budget yang kamu punya. Nantikan artikel menarik lainnya seputar teknologi dari kanal Teknologi JawaPos.com.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up