JawaPos Radar

Bentuk Komunikasi Ratna Sarumpaet Harus Dibongkar

06/10/2018, 01:15 WIB | Editor: Budi Warsito
Bentuk Komunikasi Ratna Sarumpaet Harus Dibongkar
Ketua Umum PPP, Muhammad Romahurmuziy saat menghadiri acara Santiaji Politik Caleg dan Pengurus PPP DPD Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ). (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Bentuk komunikasi yang dilakukan oleh Ratna Sarumpaet dengan pihak-pihak lain, terkait dengan kebohongan harus diusut tuntas. Hal itu dimaksudkan, agar bisa terbongkar atau diketahui siapa aktor intelektual dibalik kehebohan kabar hoaks tersebut.

Ketua Umum PPP, Muhammad Romahurmuziy mengatakan, kasus hoaks atau berita bohong ini harus diusut tuntas. Agar tak hanya mengkambing hitamkan Ratna Sarumpaet.

"Saya berharap Kepolisian Republik Indonesia bisa menindaklanjuti kasus ini dengan tuntas. Semua saluran komunikasi yang dilakukan oleh Ratna Sarumpaet terkait kebohongan itu harus dibongkar. Sehingga diketahui aktor intelektual dari kebohongan ini siapa," katanya, di Asrama Haji Jalan Ringroad Utara, Kabupaten Sleman, Jumat (5/10) malam.

Siapa saja yang dipanggil, Romy sendiri tak mengungkapnya. Namun, menurutnya polisi lebih tahu nama-nama yang ada kaitannya dengan hal itu. Untuk membuktikan apakah ini memang dilakukan pribadi oleh Ratna Sarumpaet, atau memang suatu orkestrasi (drama) yang dibangun oleh tokoh-tokoh oposisi.

Ketika memang terbukti merupakan suatu orkestrasi, menurut Romy maka deliknya sudah jelas. Tindakan ini merupakan kebohongan publik dan Ratna Sarumpaet tak hanya melanggar Undang-Undang KUHP saja.

"Tapi juga Undang-Undang informasi dan transaksi elektronik. Tentu karena ini delik umum bukan delik aduan," ucapnya.

Romy melanjutkan, ini harus menjadi pelajaran bahwa jangan kemudian untuk memenangkan suatu jabatan dilakukan dengan menghalalkan segala cara. "Sebab cara itu tidak baik, dan diwariskan dalam momen demonstratif di dalam kontestasi paling besar yaitu Pilpres," tandas Romy.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up