JawaPos Radar

Perairan Laut Selatan Jateng Hanya Miliki Dua EWS

05/10/2018, 23:09 WIB | Editor: Budi Warsito
Perairan Laut Selatan Jateng Hanya Miliki Dua EWS
Pengecekan EWS tsunami di Gunungkidul oleh petugas. (Dok BNPB)
Share this image

JawaPos.com - Peralatan sistem peringatan dini bencana atau Early Warning System (EWS) yang digunakan untuk memantau perairan Selatan Jawa Tengah diklaim masih minim. Saat ini, hanya ada dua EWS saja dan berada di wilayah Kabupaten Cilacap.

Hal tersebut dikatakan Kepala Stasiun Geofisika Kelas III BMKG Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie. Minimnya EWS, menurutnya berdampak pada mitigasi awal dengan skala daerah yang rawan gempa.

"Negara Jepang yang luasnya tidak lebih dari Pulau Sumatera saja punya ribuan sensor gempa. Dan didukung jaringan OBTM (Ocean Bottom Tsunami Meter)," ujarnya saat dihubungi, Jumat (5/10).

Ia menilai Negara Matahari Terbit itu menjadi negara yang paling bisa dikatan siap menghadapi bencana gempa bumi maupun tsunami. Teknologi di sana, menurutnya mampu difungsikan secara optimal. Sehingga segala data kebencanaan bisa diolah menjadi informasi berguna.

"Semakin rapat jejaring sistem observasi akan semakin mempercepat dan meningkatkan kualitas analisa di dalam penentuan parameter gempa dan peringatan dini tsunami," sambungnya.

Dengan demikian, masyarakat penduduk daerah rawan bencana juga harus aktif. Di samping mengandalkan EWS yang ada, kepekaan dan kewaspadaan bencana dalam hal ini juga harus ditingkatkan.

Ia mencontohkan, jika merasakan guncangan gempa dengan intensitas yang kuat dan berdurasi cukup lama, maka dapat segera mengungsi ke tempat tinggi dan aman. "Dengan waktu evakuasi yang terbatas, maka perlu digalakkan kesadaran untuk evakuasi mandiri," tandasnya.

Masyarakat lanjutnya, tidak perlu menunggu adanya perintah evakuasi. Di samping itu, persiapan perbekalan juga menjadi hal yang tak boleh diabaikan manakala bantuan dari pihak manapun belum terlihat.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up