JawaPos Radar

Produksi Mobil Esemka, Rudy: Siswa SMK Jangan Ditinggal

05/10/2018, 22:40 WIB | Editor: Budi Warsito
Produksi Mobil Esemka, Rudy: Siswa SMK Jangan Ditinggal
Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo meminta produsen mobil Esemka turut melibatkan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK). Menurutnya, selama ini para siswa SMK memiliki andil dalam menghadirkan cikal bakal mobil buatan dalam negeri tersebut.

Ia pun berupaya mendirikan training center. Karena menurutnya, dengan melakukan hal itu, keahlian lulusan SMK bisa sesuai yang dibutuhkan. "Selama ini pemahaman bahwa siswa SMK langsung diperkerjakan masih belum pas. Artinya anak SMK begitu lulus langsung diberikan pelatihan. Jangan langsung diperkerjakan," terangnya kepada JawaPos.com saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (5/10).

Pelatihan ini lanjut Rudy, tujuannya adalah mematangkan keahlian para siswa setelah menempuh pendidikan di sekolah. Sehingga, nantinya setelah mendapatkan pelatihan maka para lulusan SMK bisa langsung dipekerjakan.

Rudy menambahkan, salah satu upaya untuk mengasah keterampilan lulusan SMK adalah dengan menghadirkan training center atau pusat pelatihan. Nantinya, siswa mendapatkan pelatihan khusus di tempat tersebut.

"Pelatihan ini minimal tiga bulan, tetapi khusus yang jurusan otomotif bukan jurusan bangunan atau mesin industri," katanya.

Menurutnya, waktu tiga bulan dirasa sudah cukup untuk mengasah kemampuan para lulusan SMK tersebut. Dengan begitu, lulusan SMK tidak begitu saja ditinggalkan dalam proses produksi mobil Esemka.

"Jangan sampai anak SMK ditinggalkan, tapi teman-teman yang saat ini mengurusi mobil Esemka menerima mereka di pusat pelatihan," tandasnya.

Sekadar diketahui, Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin sebelumnya sempat mengatakan bahwa, bulan Oktober mobil buatan anak negeri yakni Esemka siap untuk diproduksi. Hal ini pun disambut baik oleh orang nomor satu di Solo.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up