JawaPos Radar

Dua Jempol untuk Buku 'Potret Sang Jagoan'

05/10/2018, 22:33 WIB | Editor: Banu Adikara
Potret Sang Jagoan, KONI Jatim, Asian Games 2018
Ketua Umum KONI Jatim Erlangga Satriagung saat membuka bedah buku ‘Potret Sang Jagoan’ (Andi Satria/Radar Surabaya)
Share this image

JawaPos.com – Prestasi sejumlah atlet Jawa Timur (Jatim) pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2018 di Jawa Barat (Jabar), terangkum secara apik dalam sebuah buku berjudul 'Potret Sang Jagoan'. Buku ini mendapat apresiasi dari pelbagai kalangan.

Buku setebal 228 halaman ini ditulis oleh Maksum, Fuad Ariyanto, dan Sidiq. Kumpulan foto-foto di dalamnya adalah hasil jepretan Frizal Kurniawan, dan diterbitkan oleh Inti Media Utama.

Tatang Mahardika, pembedah atau peresensi buku 'Potret Sang Jagoan' mengatakan, kehadiran buku ini sangat penting dalam mendorong berkembangnya literasi olahraga. Menurutnya, banyak sekali peristiwa besar di dunia olahraga yang belum dibukukan.

“Buku ini akan menjadi dokumen sangat penting. Dari buku ini kita tahu latar atlet sampai berprestasi. Buku ini akan mendorong atlet muda untuk untuk lebih giat berlatih, lebih berprestasi lagi,” ujar wartawan senior Jawa Pos ini.

Tatang menambahkan bahwa Indonesia sangat kurang buku olahraga, baik multi-event maupun yang spesifik ke satu cabang olahraga. Oleh karena itu, ia berharap muncul buku olahraga lain di kemudian hari.

Sementara itu, pelatih senam Jatim Indra Sibarani mendorong KONI untuk tidak sekadar membukukan prestasi atlet, melainkan juga para pelatih atau pembinanya. “Sebab, atlet muncul dari tangan dingin pembina,” ucap Indra.

Nurul Ansori, pelatih olahraga selam Jatim juga berpandangan serupa dengan Indra. “Buku ini sangat dahsyat.  Jangan hanya profilnya saja, tetapi strategi pembinaannya juga. Sport science-nya juga,” harap Ansori.

Ketua Umum KONI Jatim Erlangga Satriagung menjelaskan bahwa 'Potret Sang Jagoan' adalah sebuah awal. Alhasil, tidak semua atlet berprestasi asal Jatim tercantum di dalamnya. “Akan ada jilid-jilid berikutnya,” tutup Erlangga.

(saf/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up