JawaPos Radar

Akhirnya Ratna Sarumpaet Resmi Ditahan Polisi

05/10/2018, 22:26 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Akhirnya Ratna Sarumpaet Resmi Ditahan Polisi
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Setelah aksi pencekalan aktivis HAM, Ratna Sarumpaet di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (4/10), Ratna pun diperiksa di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menyatakan setelah dilakukan pemeriksaan secara resmi pihak Keposian akan menahan Ratna di Polda Metro Jaya selama 20 hari ke depan.

"Penyidik setelah melakukan penangkapan dan mulai malam ini penyidik melakukan penahanan," tutur Argo di Jakarta, Jumat (5/10).

Akhirnya Ratna Sarumpaet Resmi Ditahan Polisi
Ilustrasi cerita kebohongan Ratna Sarumpaet (Rofiah Drajat/ JawaPos.com)

Argo menuturkan penahanan Ratna berdasarkan temuan alat bukti, petunjuk keterangan saksi dan keterangan tersangka. Sehingga, Ratna pun harus menerima ditahan dan bahkan Argo menyampaikan Ratna telah menandatangani surat penahanannya.

"Alasannya (penahanan) subjektivitas penyidik jangan sampai melarikan diri, jangan sampai mengulangi perbuatan dan menghilangkan barang bukti," tandasnya.

Untuk hasil pemeriksaan, Argo pun menyatakan belum dapat menjelaskan secara rinci. Namun, dirinya menyatakan hal tersebut adalah dari keterangan yang bersangkutan.

Akibat hoax kabar penganiayaan itu, Ratna pun terancam di penjara 10 tahun. Dia dijerat Pasal 14 Undang Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 Juncto Pasal 45 Undang Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektonik.

(rgm)

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up