JawaPos Radar

Ketahui Penyebab Kanker Prostat yang Merenggut Nyawa Rudy Wowor

05/10/2018, 19:16 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
rudy wowor, rury wowor meninggal, kanker prostat,
Aktor senior Rudy Wowor tutup usia. Diketahui, beliau meninggal karena menderita kanker prostat. (YouTube)
Share this image

JawaPos.com - Aktor pemeran antagonis Rudy Wowor meninggal dunia karena kanker prostat yang dideritanya. Aktor yang memulai karirnya di tahun 1970-an itu, mengidap kanker prostat hingga akhir hayatnya di usia 74 tahun. Sebetulnya seperti apa bahaya kanker prostat yang menyerang kaum adam?

Dokter Spesialis Bedah dan Konsultan Bedah Onkologi dr. Sonar Soni Panigoro, Sp.B(K)Onk menjelaskan kanker prostat memang cenderung menyerang pria pra lanjut usia (lansia). Biasanya kanker ini diidap oleh pria di usia 50 ke atas.

"Memang karena faktor usia biasanya. Penyakit ini menyerang pria usia 50-an ke atas," jelas Sonar kepada JawaPos.com, Jumat (5/10).

rudy wowor, rury wowor meninggal, kanker prostat,
Ilustarsi. Kanker prostat biasanya menyerang pria di atas usia 50-an. (Istimewa)

Sonar menambahkan, kanker prostat umumnya tak dipicu oleh genetik atau keturunan. Kanker ini datang lebih disebabkan oleh gaya hidup (lifestyle).

"Perokok tentu lebih berisiko, rokok kan umum ya bisa menyebabkan banyak penyakit. Lebih ke arah lifestyle," paparnya.

Menurut dr. Sonar, kanker prostat mulai banyak penderitanya di tahun 2000-an. Di beberapa daerah sesuai data yang pernah tercatat di RS Kanker Dharmais, angka penderita atau prevalensi kanker prostat cukup tinggi.

"Pertama itu kanker paru, kedua kanker colon atau usus, yang ketiga itu prostat. Entah RS Dharmais memang rujukan di Jakarta makanya prevalensinya tinggi, tetapi cukup tinggi juga karena ranking ketiga terbanyak kanker yang diderita pria," jelasnya.

Sebelumnya, aktor senior Rudy Wowor dikabarkan meninggal dunia pada Jumat (5/10) pagi. Kabar meninggalnya Rudy Wowor pertama kali tersiar dari pesan berantai di media sosial lewat anak Rudy Wowor, Michael Wowor. Pesan tersebut berisi kabar meninggalnya Rudy Wowor disertai alamat rumah duka di kawasan Depok.

"Berita duka: Sudah berpulang Rudy Wowor pagi ini 5 October 2018. Alamat rumah duka, kediaman Michael Wowor, putra Rudy Wowor. Perumahan Pesona Khayangan blok DC no 3. Jl. Margonda Raya, Depok. Turut Berduka Cita," isi pesan tersebut.

Pemilik nama lengkap Rudolf Canesius Soemolang Wowor itu merupakan seorang penari dan aktor yang terkenal memerankan karakter antagonis. Dia mengawali karir di dunia seni peran sejak 1970-an.

Selama perjalanan karirnya Rudy Wowor telah terlibat dalam sejumlah judul film termasuk Impian Perawan (1976), Aladin (1980), Tjoet Nja' Dhien (1986), Soerabaia '45 (1990), Ayat-ayat Cinta (2008), Java Heat (2013), dan Sweet 20 (2017). Dia pun sempat diganjar nominasi Aktor Pendukung Terbaik FFI 1988 melalui film Tjoet Nja' Dhien.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up