JawaPos Radar

Ratna Sarumpaet Pakai Uang Pemprov, CBA: Karena Anies Nggak Enakan

06/10/2018, 01:05 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Ratna Sarumpaet Pakai Uang Pemprov, CBA: Karena Anies Nggak Enakan
Aktivis Ratna Sarumpaet ditangkap saat mau ke Chili (Humas Ditjen Imigrasi)
Share this image

JawaPos.com - Cepatnya proses pengajuan dana perjalanan aktivis kemanusiaan Ratna Sarumpaet di Pemprov DKI Jakarta menimbulkan pertanyaan. Apakah wajar APBD DKI dipakai untuk konferensi internasional?

Direktur Centre For Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi menyatakan, hal ini tidak wajar sebab undangan ditujukan pada personal, bukan Pemprov DKI Jakarta.

"Tidak wajar, kalau undangan ke DKI baru di DKI nanti diatur siapa yang berangkat itu biasanya boleh karena sudah direncanakan. Kalau ini dadakan sekali ya, nggak boleh apalagi undangannya untuk pribadi Ratna, bukan DKI," jelas Uchok kepada JawaPos.com, Jumat (5/10).

Ratna Sarumpaet Pakai Uang Pemprov, CBA: Karena Anies Nggak Enakan
Aktivis Ratna Sarumpaet ditangkap polisi (Humas Ditjen Imigrasi)

Menurutnya, tidak pantas untuk Pemprov DKI mendanai perjalanan pribadi walaupun dengan alasan konferensi kebudayaan dan seni. Semuanya harus diproses, tidak bisa serta merta dadakan, sebab semua harus dalam perencanaan.

"Apalagi proposalnya mendadak, itu nggak boleh karena anggaran itu kan harus direncanakan sebelumnya. Apalagi kalau didisposisikan ke Dinas Pariwisata itu nggak boleh melakukan hal kayak gitu," terang Uchok

"Iya ceroboh Pak Anies, jadi sepertinya karena timses jadi Anies ketika dia minta ya dikasih. Padahal nggak boleh, itu artinya Anies nggak enakan sama Ratna," tegasnya.

Bahkan, Uchok mengaitkan kemudahan Ratna mendapatkan dana perjalanan karena faktor kedekatan keduanya saat Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berjuang di pemilihan gubernur tahun lalu.

"Faktor kedekatan saja karena saat itu sempat berjuang mati-matian memenangkan Anies jadi gubernur, nah dia saya lihat karena nggak enak. Ngapain minta DKI? Kementerian bisa kok," tandasnya.

Sebelumnya diketahui, Pemprov DKI Jakarta membenarkan bahwa keberangkatan seniman Ratna Sarumpaet ke Chili dibiayai oleh APBD DKI. Hal itu sesuai dengan permohonan dari Ratna kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Asiantoro mengatakan, Pemprov DKI pada tanggal 31 Januari 2018 mendapatkan surat permohonan dari Ratna Sarumpaet. Pada suratnya, Ratna meminta untuk difasilitasi kehadirannya pada acara The 11th Women Playwrights International Conference 2018 di Santiago, Chili.

Dalam surat dengan perihal permohonan sponsor tersebut, Ratna Sarumpaet menjelaskan bahwa konferensi tersebut adalah kongres tiga tahunan yang digelar di berbagai negara. Ratna mengaku bertindak sebagai salah satu anggota senior di kongres tersebut. Konferensi tersebut rencananya akan berlangsung pada 7-12 Oktober mendatang.

(ce1/rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up