JawaPos Radar

Relawan Jokowi Adukan Ratna Sarumpaet ke Polda Sumut

05/10/2018, 18:38 WIB | Editor: Budi Warsito
Relawan Jokowi Adukan Ratna Sarumpaet ke Polda Sumut
Tersangka kasus penyebaran berita hoax, Ratna Sarumpaet ketika memberikan pers kepada awak media, Rabu (3/10). (Miftahul Hayat/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Setelah buat heboh dengan pengakuan palsunya, Ratna Sarumpaet ternyata juga bikin heboh di Sumatera Utara (Sumut). Seniman dan aktivis itu, baru saja diadukan ke Polda Sumut. 

Mertua aktor Rio Dewanto tersebut, diadukan oleh Relawan Joko Widodo (Jokowi) . Mereka mengatasnamakan Aliansi Sumut Bersatu dan Forkom Relawan Sumut yang berasal dari sekitar 30 kelompok relawan Jokowi. 

Ratna diadukan ke Polda Sumut terkait dengan uang operasi plastik di RS Bina Estetika yang digunakannya. Ada dugaan uang itu berasal dari donasi untuk korban tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba beberapa waktu lalu.

Karena, rekening yang digunakan sama dengan rekening saat Ratna menggalang donasi. Waktu itu Ratna juga sempat viral karena membuat gaduh saat Operasi evakuasi KM Sinar bangun dihentikan. 

Humas Forkom Relawan Sumut, Heryanson Munthe mengatakan, pihaknya sudah bertemu dengan Kapolda Sumut, Irjen Agus Andrianto, Jumat (5/10). Mereka mendesak kepolisian  menyelidiki soal dugaan penyelewengan uang donasi KM Sinar bangun oleh Ratna. 

"Kita ingin melaporkan, apakah ada dana yang disetor rakyat dipergunakan untuk kepentingan pribadinya," katanya. 

Saat ini, pihaknya masih menunggu hasil penyelidikan tersebut. Pun begitu, mereka tetap mndesak agar kasus itu diusut tuntas. 

"Kita paresiasi kinerja kepolisian dan menangkap RS sehingga tidak kabur ke luar negeri," ujarnya. 

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Tatan Dirsan Atmaja juga membenarkan pengaduan itu. Namun tatan enggan menjelaskan secara detail sudah sejauh mana pengaduan itu diproses. 

"Iya," kata Tatan lewat pesan singkat. 

Sebelumnya, Polda Metro Jaya masih menyelidiki dugaan pembayaran operasi plastik aktivis kemanusiaan, Ratna Sarumpaet menggunakan rekening yang sama dengan rekening penyaluran dana sumbangan terhadap korban kapal tenggelam di Danau Toba. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan, penyidik tengah bekerja untuk mengungkapkan kebenaran kasus apakah yang bersangkutan membayar perawatan medis di RSBK Bina Estetika menggunakan rekening tersebut.

"Hal itu sudah menjadi kewenangan penyidik. Sedang ditelusuri kebenarannya apakah yang bersangkutan menggunakan rekening itu," kata Argo saat di temui di Mapolda Metro Jaya, Kamis (4/10).

Sampai saat ini, kata Argo, sedikitnya sudah ada empat laporan di Polda Metro Jaya terkait dengan kasus Ratna Sarumpaet. Laporan-laporan tersebut masih dalam proses penyelidikan dan akan segera memanggil pelapor yang membuat laporan.

Sebelumnya, Ratna Sarumpaet memberikan pengakuan secara terbuka jika dirinya sudah menyebarkan berita hoaks soal wajah lebamnya akibat dianiaya oleh orang tak dikenal di Bandara Husein, Bandung pada 21 September lalu.

Ratna Sarumpaet pun mengakui wajah lebamnya itu bukan karena dianiaya melainkan sedang menjalani perawatan medis usai operasi plastik wajah di RS Bina Estetika, Menteng, Jakarta Pusat.

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up