JawaPos Radar

Sri Mulyani Siapkan 'Jurus' Hadapi Pelemahan Rupiah Terhadap Dolar AS

05/10/2018, 17:58 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Sri Mulyani Siapkan 'Jurus' Hadapi Pelemahan Rupiah Terhadap Dolar AS
Menteri Keuangan Sri Mylyani Indrawati (Miftahul Hayat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah tidak menutup kemungkinan akan mengeluarkan kebijakan baru. Melalui langkah tersebut, goncangan terhadap perekonomian dalam negeri dapat diredam.

Apalagi, dalam lima hari terakhir ini nilai tukar rupiah terdepresiasi terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Pada Jumat (5/10), kurs tengah Bank Indonesia (BI) mencatat rupiah berada di level Rp 15.182 per USD.

"Pemerintah akan terus menjaga fleksibilitas, dan bersikap untuk terus mau berubah dan mau terus memperbaiki formula kebijakan karena memang, kalau kondisi global terus bergerak kita harus juga merespon dan bahkan memperkuat perekonomian kita," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (5/10).

Dia menjelaskan, dampak perekonomian global secara tidak langsung juga akan memberi pengaruh negatif terhadap defisit neraca pembayaran nasional. Oleh karena itu, pemerintah bersama Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan terus melihat semua aspek perekonomian khususnya dalam bauran kebijakan.

"Kita juga akan melihat semua aspek perekonomian kita apakah mereka mampu mengabsorb (menyerap) dan mengelola perubahan dinamika yang terjadi ini, baik itu dari sisi nilai tukar, capital flow dan kemudian dari masing-masing neraca di lembaga keuangan, di korporasi, di pemernitah sendiri APBN akan kita jaga dan dari sisi moneter dan sektor riil lainnya," kata Sri Mulyani.

"Jadi secara umum saya akan katakan pemerintah akan terus, karena kita hidup di dalam era di mana perubahan dunia itu begitu sangat cepat dan sangat signifikan dan pengaruhnya sangat besar terhadap seluruh dunia termasuk Indonesia," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up