JawaPos Radar

Tips Pintar Memotret dengan Samsung Galaxy Note 9, Dijamin Keren

06/10/2018, 08:50 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Galaxy Note 9, Samsung Galaxy Note 9, memotret dengan Galaxy Note 9
Kamera Samsung Galaxy Note 9 (CNet)
Share this image

JawaPos.com - Salah satu aspek penting yang dibangga-banggakan Samsung untuk produk Galaxy Note 9 adalah sektor kamera. Kebolehan flagship Samsung tersebut dalam membidik dan menjepret objek foto bahkan tercatat pada Top 3 produk smartphone dengan kamera terbaik versi DxOMark.

Sebagai catatan, Samsung dengan Galaxy Note 9-nya duduk pada peringkat ketiga yang membuatnya berada di bawah HTC U12+ dan Huawei P20 Pro.

Bicara kemampuan kamera, Samsung melalui sebuah acara product experience yang digelar di Bintan, Kepulauan Riau, memberi kesempatan bagi para pewarta untuk menjajal bagaimana keandalan kamera mereka.

Galaxy Note 9, Samsung Galaxy Note 9, memotret dengan Galaxy Note 9
Hasil jepretan Samsung Galaxy Note 9. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Samsung juga menghadirkan expertis di bidang fotografi dan videografi, Kay Moreno. Dia berbagi tips pintar bagaimana memanfaatkan Samsung Galaxy Note 9 agar berfungsi layaknya sebuah kamera profesional. Berikut rangkuman tipsnya.

1. Tentukan Objek yang Tepat

Pertama-tama dan paling penting, menurut Kay, yakni lebih dahulu menentukan objek yang tepat. Dari sana, kemudian bisa ditentukan angle dan teknik pengambilan gambar lewat kamera yang tertanam dalam sebuah smartphone.

Memotret suasana sunset misalnya. Ketika memutuskan untuk membidik gambar dengan latar atau suasana sunset, pengguna disarankan menggunakan fitur atau mode pro di Galaxy Note 9. Harus diakui, menurut Kay, fitur pro Galaxy Note 9 memungkinkan user untuk menata sendiri kreativitas dan skill mereka.

2. Kombinasikan ISO, Shutter Speed, dan Aperture dengan Takaran yang Pas

Seperti memasak, menjepret foto pun dibutuhkan kombinasi teknik dengan takaran-takaran yang pas. Tidak berlebihan, tidak juga kurang bahan. Soal komposisi agaknya subjektif,
seperti mencicipi makanan favorit, sifatnya suka-sukaan.

Namun untuk beberapa kasus objek foto tidak boleh sembarangan. Jika memutuskan untuk membidik objek foto minim cahaya seperti matahari terbenam hingga menjelang malam, maka memperhatikan faktor seperti ISO dan Shutter Speed menjadi penting.

Untuk kondisi minim cahaya atau istilah kerennya low light, gunakan bukaan atau aperture terkecil hingga f/1.5. Sebab Samsung Galaxy Note 9 memang mendukung untuk itu. Dengan
demikian, membidik objek kesukaan dengan Galaxy Note 9 hampir tidak ada masalah, pada malam hari khususnya.

Untuk kondisi pencahayaan masih cukup, f atau bukaan-nya bisa di angka tinggi mengingat cahaya masuk masih banyak. Misalnya di angka f/2.4. Kemudian untuk speednya bisa di rentang 1/300 hingga 1/400.

Galaxy Note 9, Samsung Galaxy Note 9, memotret dengan Galaxy Note 9
Hasil jepretan Samsung Galaxy Note 9. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Jika semakin gelap, dianjurkan untuk menurunkan Shutter Speed secara perlahan. Misalnya dari 1/750 diturunkan sampai 1/100. Jika sampai seper 100 masih gelap, maka jangan takut f-nya dibuka lagi hingga f/1.5 atau f terkecil. Untuk tahapan ini agak tricky, dibutuhkan kepekaan dan naluri yang baik, walaupun sudah mengenakan gadget terbaik semisal Galaxy Note 9.

3. Perhatikan Warna

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah warna. Tidak perlu risau, Samsung Galaxy Note 9 sudah menyediakan fitur filter yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk komposisi warna yang mereka inginkan.

Pada mode profesional, smartphone Galaxy Note 9 memiliki filter warna, mulai dari standar, breezy, vivid, Nostalgic, soft, hingga serene. Semua filter tersebut bisa dimanfaatkan dengan mudah oleh user Galaxy Note 9 untuk menghasilkan warna foto yang ciamik.

4. White Balance Jangan Sampai Lewat

Terakhir, untuk memaksimalkan hasil foto, lagi-lagi Samsung Galaxy Note 9 berhasil memanjakan penggunanya yang berasal dari kalangan profesional dengan beragam karakter. Kamera Galaxy Note 9, menggunakan mode pro, tersedia beragam pilihan pengaturan manual. Salah satu yang penting adalah White Balance atau simbol huruf 'K' pada opsi pro.

Galaxy Note 9, Samsung Galaxy Note 9, memotret dengan Galaxy Note 9
Hasil jepretan Samsung Galaxy Note 9. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

White Balance atau Kelvin pada Samsung Galaxy Note 9 terbilang menarik dan belum banyak ada di smartphone flagship lain milik kompetitor. Ya, Samsung Galaxy Note 9 memiliki angka
Kelvin atau capaian White Balance hingga 8.000 K. Terbilang sangat tinggi untuk sebuah smartphone.

Fungsi pada White Ballance yang diatur lewat Samsung Galaxy Note 9 ini bisa dibilang sangat membantu bagi kamu yang ingin membuat beragam karakter warna foto. Mulai dari soft hingga warm. Makin tinggi angka kelvin, maka warna yang dihasilkan akan semakin 'warm' atau kekuning-kuningan. Sebaliknya, makin kecil angka kelvin, maka warna akan menjadi kebiru-biruan.

Galaxy Note 9, Samsung Galaxy Note 9, memotret dengan Galaxy Note 9
Hasil jepretan Samsung Galaxy Note 9. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Demikian beberapa tips untuk pengguna Samsung Galaxy Note 9 dalam mengambil foto yang mumpuni bak seorang profesional. Kini, lewat smartphone pun nyatanya siapapun bisa dengan mudah menjadi ahli foto sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Bagi kamu yang memiliki Galaxy Note 9, kamu wajib memanfaatkan mode manual ini. Sebab sayang rasanya jika smartphone yang dibanderol dengan harga termurah mulai Rp 13,9 jutaan ini kameranya hanya dipakai pada mode auto saja. Selamat mencoba.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up