JawaPos Radar | Iklan Jitu

Jateng Siap Dirikan Seratus Hunian Sementara Bagi Pengungsi Gempa Palu

05 Oktober 2018, 17:22:37 WIB
Jateng Siap Dirikan Seratus Hunian Sementara Bagi Pengungsi Gempa Palu
Kepala BPBD Jateng Sarwa Pramana saat meninjau persiapan pengiriman bantuan ke Palu, Sulteng di kantornya, Semarang, Jumat (5/10). (Tunggul Kumoro/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com- Pemerintah Jawa Tengah berencana mendirikan sekitar seratus buah hunian sementara (huntara) untuk para pengungsi bencana gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Huntara ini merupakan bantuan dari Bank Jateng dan Korpri.

Hal di atas disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng, Sarwa Pramana. Dia menyebut, tiap-tiap bangunan huntara tersebut nantinya berukuran 6x4 meter. "Dilengkapi dengan (fasilitas) MCK dan penerangannya termasuk nanti di dalamnya lengkap. Itu bantuan dari Bank Jateng dan Korpri," ujarnya saat ditemui di kantornya, Jumat (7/10).

Pembangunan huntara ini sifatnya sangat mendesak. Meskipun jumlah pengungsi pindah ke luar kota banyak, tapi tak sedikit pula yang belum kebagian tenda pengungsian. 

Sementara untuk tinggal di dalam rumah, mereka juga takut. Hal itu disebabkan kondisi bangunan yang sudah tidak prima. Apalagi jika terkena guncangan gempa susulan. "Harapannya nanti huntara ini nanti bisa satu kampung lah. Seratus rumah berarti seratus KK. Mudah-mudahan besok saya bisa contohkan saya dirikan (sebelum diberangkatkan)," tambahnya.

Selain itu, masih ada pertimbangan lain mengapa pendirian huntara harus disegerakan. Yakni, musim penghujan yang diperkirakan datang dalam waktu dekat. Huntara hurus segera berdiri agar para pengungsi bisa mendapat perlindungan.

Material huntara macam galvanis, deklit, atau triplek itu rencananya diberangkatkan, Sabtu besok (6/10). Material itu akan diterbangkan bersama 118 relawan, logisitik seperti makanan siap saji, kaleng, maupun pakaian baru untuk para pengungsi. Serta sepuluh kendaraan seperti mobil dapur umum dan truk tangki. "Ada juga bantuan puluhan unit sepeda dari Muhammadiyah. Tapi diperuntukkan untuk siapa belum tahu, mungkin nanti untuk membantu transportasi pengungsi,” sebut Sarwa.

 

Editor           : Dida Tenola
Reporter      : (gul/JPC)

Alur Cerita Berita

204 Korban Tsunami Berhasil Diidentifikasi 05 Oktober 2018, 17:22:37 WIB
Gempa Donggala: Dari Tambu Naik ke Sirenja 05 Oktober 2018, 17:22:37 WIB
Jenazah Ardi Kurniawan Dipulangkan ke Batu 05 Oktober 2018, 17:22:37 WIB
Peraih Emas SEA Games Tewas dalam Gempa Sulteng 05 Oktober 2018, 17:22:37 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up