JawaPos Radar

Belum Ditahan, Pengacara Sudah Bawakan Ratna Sarumpaet Baju dan Obat

05/10/2018, 17:07 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Belum Ditahan, Pengacara Sudah Bawakan Ratna Sarumpaet Baju dan Obat
Aktivis HAM Ratna Sarumpaet masih diperiksa polisi usai ditetapkan tersangka kasus berita kebohongan atau hoax (Miftahul Hayat/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Usai diamankan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (4/10), hingga kini aktivis HAM Ratna Sarumpaet masih diperiksa di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Tampak pengacara ibunda dari Atiqa Hasiholan membawakan baju dan obat dalam koper.

Insank Nazrudin, Pengacara Ratna Sarumpaet mengaku kliennya sempat diberikan istirahat oleh penyidik agar bisa kembali melanjutkan proses pemeriksaan setelah menyandang status tersangka dalam kasus berita hoax. Pada kunjungannya ke Mapolda Metro Jaya, Insank membawa koper yang berisi pakaian dan obat-obatan untuk Ratna selama menjalani pemeriksaan. "Ini koper kan baju, obatnya. Itu kan obat yang harus diminum tiap hari," kata Insank, Jumat (10/5).

Dia pun memastikan polisi belum mengupayakan penahanan terhadap Ratna. "(Penahanan) belum," singkatnya. Padahal, polisi telah menetapkan status Ratna Sarumpaet sebagai tersangka dalam kasus hoaks terkait aksi penganiayaan.

Belum Ditahan, Pengacara Sudah Bawakan Ratna Sarumpaet Baju dan Obat
Ilustrasi cerita kebohongan Ratna Sarumpaet (Rofiah Darajat/JawaPos.com)

Penetapan tersangka itu merupakan buntut setelah Ratna mengaku merangkai cerita soal foto wajahnya yang babak belur akibat penganiayaan. Padahal, lebam di bagian wajah Ratna itu karena akibat operasi bedah plastik di RSK Bedah Bina Estetika, Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (21/9) lalu.

Akibat hoax kabar penganiayaan itu, Ratna pun terancam di penjara 10 tahun. Dia dijerat Pasal 14 Undang Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 Juncto Pasal 45 Undang Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektonik.

(dna/bin/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up