JawaPos Radar

Hari Jadi ke-73, TNI Banjir Pujian dari Jokowi

05/10/2018, 16:46 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Hari Jadi ke-73, TNI Banjir Pujian dari Jokowi
Presiden Jokowi memberikan pujian atas kinerja TNI di hari jadinya ke-73. (Miftahul Hayat/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Dedikasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) terhadap negara tak perlu diragukan lagi. Bahkan di tengah bencana sekalipun mereka siap untuk membantu.

Seperti ketika para prajurit TNI terjun langsung bersama Polri menangani gempa yang disusul tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Hal ini pun diapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"TNI bersama Polri selalu terdepan dalam melakukan penyelamatan dan evakuasi. TNI selalu memegang peran sentral dalam memberikan pelayanan, kesehatan dan juga rekonstruksi," ujar Jokowi ketika memimpin upacara peringatan HUT TNI ke-73 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat (5/10).

Hari Jadi ke-73, TNI Banjir Pujian dari Jokowi
Di hari jadinya ke-73 TNI mendapat banjir pujuan dari Presiden Jokowi. (Miftahul Hayat/Jawa Pos)

Jokowi bangga atas kesigapan TNI saat terjadi bencana itu. "Dharmabakti saudara cukup membanggakan rakyat, membanggakan kita semuanya," imbuhnya.

Untuk itu, Jokowi berterima kasih atas kerja prajurit TNI selama ini. "Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran TNI yang telah dengan cepat, dengan sigap, dengan tulus hati membantu korban bencana," tukasnya.

Diketahui, TNI menggelar peringatan hari jadinya yang ke-73 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat (5/10). Acara ini diikuti ribuan prajurit TNI.

Bertemakan "Profesionalisme TNI Untuk Rakyat", diharapkan prajurit TNI harus mahir berbasis kompetensi, harus kuat, handal dan semua tugas serta kewajibannya didharma baktikan untuk rakyat.

Lalu senantiasa dipagari oleh doktrin Sapta Marga dan Sumpah Prajurit yang merupakan nafas bagi semua prajurit berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Dalam acara ini, Presiden Jokowi memimpin langsung proses upacara didampingi oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Thajanto, Kepala Staf Angkaian Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up