JawaPos Radar

Yonkes 2/2 Kostrad Mendaki Perbukitan, Jangkau Pengungsi Gempa Palu

05/10/2018, 16:35 WIB | Editor: Dida Tenola
Yonkes 2/2 Kostrad Mendaki Perbukitan, Jangkau Pengungsi Gempa Palu
Anggota Yonkes 2/2 Divisi 2 Kostrad memberikan informasi kepada pengungsi di pelosok kampung Balaroa soal rumah sakit lapangan. (Pendivisi 2 Kostrad for JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Satuan Tugas Gabungan Bantuan Kesehatan Penganggulangan Bencana Alam Palu Sulawesi Tengah (Satgasgab Bankes Gulbencal), Satuan Yonkes 2/2 Kostrad menggelar sosialisasi ke tenda-tenda pengungsian. Lokasinya berada di sekitar Kelurahan Balaroa, Palu. 

Mereka menempuh perjalanan yang tidak mudah. Para prajurit harus melalui medan yang berat. Mendaki perbukitan. Konturnya menanjak dengan jalan yang tak rata. 

Prajurit dari Batalyon Kesehatan itu berjalan kaki berkilo-kilo meter menuju kampung Balaroa. Kampung ini terkubur ditelan bumi, saat gempa berlangsung. 

Komandan Batalyon Kesehatan 2/2 Kostrad Letnan Kolonel dr Djeffri Federik Longdong SpAn MKes menjelaskan, dari hasil sosialiasi rumah sakit lapangan itu, mereka juga menerima keluhan para pengungsi.  Kebanyakan mereka menderita sakit sejak hari pertama bencana gempa. Hanya saja, tidak tahu kemana harus berobat. Praktis hingga saat ini, para pengungsi belum mendapatkan perawatan medis. 

Tanpa menunggu waktu lama, pengungsi yang tengah sakit itu segera dievakuasi. Prajurit dari Yonkes 2 Kostrad membawa ke rumah sakit lapangan yang sudah mereka dirikan di halaman BMKG Kelas 1 Palu. "Segera kami evakuasi pengungsi yang sakit dan belum mendapatkan perawatan medis. Kami sudah mendirikan rumah sakit lapangan," kata Djeffri, Jumat (5/10). 

Djeffri melanjutkan, tujuan mereka melakukan sosialisasi ke pelosok pengungsian adalah, karena minimnya informasi yang diterima oleh para pengungsi yang letaknya di pelosok pelosok Kelurahan Balaroa. Utamanya informasi soal rumah sakit lapangan. 

"Pentingnya sosialisasi Rumah Sakit Lapangan agar para pengungsi yang berada di pelosok Kelurahan Balaroa mengetahui dan segera berobat sehingga sakit yang diderita tidak semakin parah," imbuhnya.

 

(tik/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up