JawaPos Radar

Angkut Bantuan, Atraksi Pesawat Hercules Absen Diperayaan HUT TNI

05/10/2018, 15:58 WIB | Editor: Budi Warsito
Angkut Bantuan, Atraksi Pesawat Hercules Absen Diperayaan HUT TNI
Pameran alutsista dari tiga matra TNI saat peringatan HUT TNI. (Fiska Tanjung/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Atraksi pesawat Hercules dari Lanud Abdul Rachman Saleh Malang harus absen pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-73 di Lapangan Rampal Malang, Jumat (5/10).

Pasalnya, pesawat tersebut masih digunakan untuk mengirimkan bantuan ke lokasi bencana gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Namun, atraksi itu digantikan dengan aksi beberapa orang penerjun.

Komandan Lanud Abdul Rachman Saleh Malang, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Andi Wijaya mengatakan, pada perayaan kali ini memang atraksi yang dilakukan tidak terlalu banyak. "Atraksi tidak terlalu banyak karena pesawat Hercules dikirim untuk membantu korban di Palu. Karena perlu dilihat, TNI yang masuk pertama kali ke daerah bencana," ujarnya di sela-sela acara.

Angkut Bantuan, Atraksi Pesawat Hercules Absen Diperayaan HUT TNI
Atraksi dari Lanud Abd Saleh Malang meriahkan HUT TNI ke-73 di lapangan Rampal Malang, Jumat (5/10). (Fiska Tanjung/JawaPos.com)

Sementara itu, Andi menyampaikan, pada peringatan HUT TNI ke-73 ini, pihaknya menggelar pameran Alutsista di salah satu sisi lapangan Rampal. Pameran tersebut menampilkan beberapa alutsista dari 3 matra, yakni TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut.

Tank-tank berukuran besar pun berjejer rapi di pinggir lapangan. Disana juga terdapat beberapa stand yang berisi alat-alat seperti senapan dan baju-baju pasukan ketika bertugas. "Selain pameran, juga ada bazar dan pasar murah," lanjutnya.

Masyarakat pun diperbolehkan untuk mengunjungi stand tersebut untuk sekedar melihat-lihat maupun berfoto. Ini sengaja dilakukan untuk mengedukasi masyarakat.

Dia mengungkapkan, melalui pameran ini, pihaknya ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa TNI bukan untuk ditakuti tapi untuk didekati. "Kami juga berusaha mendekat kepada rakyat," pungkasnya.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up