JawaPos Radar

Sumbar Akan Sulap Pelabuhan Sebagai Destinasi Wisata

05/10/2018, 15:40 WIB | Editor: Dida Tenola
Sumbar Akan Sulap Pelabuhan Sebagai Destinasi Wisata
Kawasan Muaro Batang Arau ini akan segera dijadikan Pelabuhan Marina. (Riki Chandra/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Sejumlah pelabuhan di Sumatera Barat (Sumbar) bakal segera dibenahi. Salah satunya adalah Pelabuhan Muaro Batang Arau Padang yang bakal disulap menjadi Pelabuhan Marina. Selain sebagai pelabuhan, kawasan itu nantinya juga akan menjadi destinasi wisata.

Selain itu, pemerintah juga akan melangsungkan pembangunan pelabuhan Teluk Tapang di Pasaman Barat, pelabuhan Panasahan Pesisir Selatan, dan pelabuhan di Mentawai. Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, ia telah menggelar pertemuan dengan pihak PT Pelindo Teluk Bayur pada Kamis (4/10), di ruang kerjanya.

Tahap awal pembangunan pelabuhan Marina Muaro akan menata pinggiran atau dinding Muaro Batang Arau melalui APBD 2019. "Ya, Pemprov sudah siapkan dana sebesar Rp 68 miliar untuk pembangunannya. Nanti, Pemkot Padang, pihak Pelindo dan masyarakat turut terlibat dalam penataan lokasi," kata Nasrul Abit di Padang, Jumat (5/10).

Sebetulnya, Pelindo II berencana melaunching dan menayangkan gambar rencana pembangunan beberapa pelabuhan di Sumbar kepada beberapa kepala daerah. Namun, karena perwakilan masing-masing daerah belum bisa hadir, semua sepakat launching itu diundur. "Senin depan kami rencakan bertemu dengan perwakilan daerah masing-masing," kata Nasrul Abit.

Nasrul menerangkan, proses pembangunan dilakukan secara bersama dengan berbagai sektor. Mulai dari Pelindo II, Balai Sungai, KSOP, Pol Air, Dinas Kelautan Sumbar, Dinas Lingkungan Hidup, Kota Padang dan sampai kejajaran masyarakat.

"Ini dilakukan secara bertahap, sebab banyak persoalan yang harus diselesaikan di sana, mulai dari sampah, bangkai kapal, penataan kapal nelayan. Pengerukan akan dilakukan Balai Sungai melalui dana operasional. Kemudian termasuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan," paparnya.

Selain itu, Pelindo II rencananya juga akan mengkoneksikan 4 pelabuhan besar tersebut, sehingga sejalan dengan pembangunan lain, seperti di Teluk Tapang akan dilakukan pembangunan jalan oleh Balai Jalan, dari sisi sarana dan prasarana perkantoran dan pelabuhan akan dilaksanakan. 

 

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up