JawaPos Radar

Pameran Alutsista, Warga Bandung Bisa Lihat Senjata Perang Terbaru TNI

05/10/2018, 15:40 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Pameran Alutsista, Warga Bandung Bisa Lihat Senjata Perang Terbaru TNI
Pameran Alutsista di Bandung tampilkan senjata terbaru milik TNI. (Siti Fatonah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Akhir pekan ini, Kodam III/Siliwangi menggelar pameran alat utama sistem persenjataan (Alutsista) di halaman Gedung Sate, Bandung. Kegiatan yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke-73, ini bisa dimanfaatkan oleh warga Bandung untuk mengisi libur akhir pekannya. 

Pameran digelar selama tiga hari yakni 5-7 Oktober dari pukul 08.00-18.00 WIB. Berbagai alat perang dipamerdan dalam kegiatan ini. Menariknya Kodam III/Siliwangi juga memerkan berbagai koleksi Alutsista terbarunya kepada masyarakat.

Kapendam III/Siliwangi Letkol Arh GTH Hasto Respatyo mengatakan, ada beberapa senjata terbaru yang dimiliki TNI yang juga dipamerkan. Seperti Tank Leopard, Tank Marder, Meriam Astros buatan dari Brazil, Meriam 115 Cesar buatan Perancis, 57 MM buatan Rusia, 40 MM buatan Swedia serta lainnya.

"Alutsista terbaru juga kami pamerkan dalam pameran ini. Ada Tank Leopard kemudian Meriam Astros. Keduanya dibeli tahun 2017 dan sampai 2019 akan ada pemenuhan Alutsista lainnya," kata Hasto di Gedung Sate Bandung, Jumat (5/10).

Menurutnya Tank Leopard itu termasuk berukuran besar. Sehingga untuk di Indonesia bisa melintasi berbagai jenis medan. Sedangkan Roket Astros buatan Brazil dengan jangkauan lebih jauh dan dilengkapi alat modern.

Perihal tujuan pameran yakni pengenalan kepada masyarakat untuk lebih dekat lagi dengan TNI. Kemudian pihaknya pun akan mengundang pelajar untuk mengenal lebih dalam tentang Alutsista TNI. Selain itu juga untuk memberikan pelajaran atau pemahaman tentang bela negara.

Untuk diketahui, dalam rangka HUT TNI ke 73 tidak hanya pameran Alutsista tapi juga ada penampilan seni, berupa musik, tarian Poco-poco, dan Gemu Famire.

"Alutsista yang ditampilkan itu dari beberapa kecabangan baik itu dari Armed Kavaleri Arhanud Infanteri kemudian juga dari angkatan laut dan udara," tuturnya.

Alutsista yang dipamerkan merupakan milik Kodam III Siliwangi untuk menunjukkan atau memberikan gambaran kepada masyarakat, bahwa TNI memiliki alat yang modern, terbaru dan canggih.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up