JawaPos Radar

Pengacara Minta Ratna Sarumpaet Jangan Ditahan, Begini Jawaban Polisi

05/10/2018, 15:23 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Pengacara Minta Ratna Sarumpaet Jangan Ditahan, Begini Jawaban Polisi
Kuasa Hukum Ratna Sarumpaet meminta kliennya tidak ditahan (Dok. Humas Ditjen Imigrasi)
Share this image

JawaPos.com - Kuasa hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nasrudin meminta kliennya tidak ditahan usai ditetapkan sebagai tersangka. Alasannya, aktivis itu bersikap kooperatif saat menjalani proses hukumnya.

Namun permintaan tersebut belum dapat dipastikan, bisa dikabulkan atau tidak. Karena saat ini pemeriksaan tersangka maupun saksi-saksi masih terus berjalan.

"Itu hak mereka, silahkan mereka mengajukan. Tetapi keputusannya ada pada Kasatserse atau Kapolres setempat," ujar Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto di kantornya, Jakarta, Jumat (5/10).

Namun yang pasti dijelaskan Setyo, penyidik memiliki dua alasan ketika menahan seorang tersangka. "Orang ditahan itu karena dikhawatirkan, pertama akan merusak barang bukti atau menghilangkan barang bukti, kedua merusak TKP (tempat kejadia perkara)," tuturnya.

Sebelumnya, Ratna Sarumpaet membuat geger masyarakat dengan foto wajahnya yang penuh lebam. Hal ini pun memantik perhatian Wakil Ketua DPR Fadli Zon hingga Calon Presiden Prabowo Subianto.

Mereka berdua sampai menemui Ratna. Ibunda Atiqah Hasiholan itu lantas bercerita bahwa luka lebam diwajahnya akibat dipukuli orang di Bandara Husein Sastranegara Bandung pada 21 September malam.

Namun ternyata setelah ditelusuri pihak Kepolisian, terungkap fakta bahwa Ratna pada tanggal tersebut Ratna malah berada di RS Khusus Bedah Bina Estetika, Menteng, Jakarta. Hal tersebut diperkuat dengan rekaman CCTV dan bukti transfer uang dengan total Rp 90 juta rupiah.

Dia menjalani perawatan bedah pelastik hingga 24 September 2018. Usai polisi mengekspos fakta-fakta itu, akhirnya Ratna menggelar konferensi pers kemarin sore dan mengakui bahwa dia telah berbohong dan sebagai pencipta hoax terbaik.

Lebih lanjut, atna pun diamankan semalam di Bandara Soekarno-Hatta ketika hendak bertolak ke Chile. Dia berdalih akan menghadiri konferensi internasional dan menjadi pembicara pada acara tersebut.

Ratna lantas digiring ke Mapolda Metro Jaya malam itu juga. Ternyata dia telah dicekal dan ditetapkan sebagai tersangka sejak sore sebelum keberangkatannya. 

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up