JawaPos Radar

Turbin Angin Berkontribusi Dalam Perubahan Iklim

05/10/2018, 19:10 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
turbin angin, perubahan iklim, suhu,
Turbin angin dirancang sebagai alternatif bahan bakar fosil. Namun, keberadaanya berkontribusi dalam perubahan iklim, sebab cara mereka mendistribusikan panas dan kelembaban di atmosfer (AFP)
Share this image

JawaPos.com - Turbin angin dirancang sebagai alternatif bahan bakar fosil. Namun, keberadaanya berkontribusi dalam perubahan iklim, sebab cara mereka mendistribusikan panas dan kelembaban di atmosfer.

Peneliti dari Harvard University menemukan, jika seluruh Amerika Serikat menyalakan energi angin maka menyebabkan kenaikan suhu tanah 0,54 derajat Celcius di daerah turbin berada. Ini juga menyebabkan peningkatan 0,24 C di seluruh benua Amerika Serikat.

"Angin mengalahkan batubara dengan ukuran lingkungan, tetapi itu tidak berarti bahwa dampaknya dapat diabaikan," kata David Keith, seorang profesor teknik dan kebijakan publik dan penulis senior studi tersebut. Sebagai perbandingan, suhu global rata-rata telah meningkat sekitar satu derajat sejak akhir abad ke-19.

turbin angin, perubahan iklim, suhu,
Perubahan iklim menyebabkan gelombang panas di berbagai negara (The Watcher)

Kesepakatan iklim Paris, menyerukan kepada negara-negara untuk membatasi kenaikan suhu antara 1.5C hingga 2C untuk menghindari konsekuensi lingkungan yang serius.

Studi sebelumnya juga meneliti dampak turbin angin terhadap perubahan iklim. Satu studi terbaru, yang diterbitkan dalam jurnal Science, menyimpulkan bahwa meliputi area gurun Sahara dengan turbin angin akan mempengaruhi suhu lokal, curah hujan, dan pada gilirannya, vegetasi.

Para peneliti Harvard mengatakan bahwa memasang panel surya akan memiliki dampak sekitar 10 kali lebih kecil dari turbin angin untuk tingkat pembangkitan energi yang sama.

"Dampak iklim langsung dari tenaga angin instan, sementara manfaat berakumulasi secara perlahan," kata Keith dilansir dari AFP Jumat (5/10).

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up