JawaPos Radar

Begini Tips Pilih dan Rawat Film Kaca Mobil

Agar Awet dan Terang

05/10/2018, 14:48 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Begini Tips Pilih dan Rawat Film Kaca Mobil
Pemasangan Film Kaca untuk mobil perlu perhatikan tingkat kegelapan (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com – Film kaca mobil berfungsi untuk memberikan kenyamanan dalam kabin mobil. Kemampuannya menahan sinar ultraviolet ke dalam mobil menjadi pertimbangan utama pengguna mobil menggunakannya.

Meskipun demikian, tingkat kegelapan film kaca perlu diperhatikan sesuai saran pabrikan film kaca atau produsen mobil agar pemasangannya tidak mengganggu visibilitas saat mengemudi.

Mekanik Bengkel film kaca Kia Autofilm, Anto (23), mengungkapkan pengguna mobil harus mengetahui ukuran atau tingkat kegelapan kaca film itu sehingga tidak terlalu gelap namun juga tidak terlalu terang.

“Kalau selama saya memasang film kaca, memang dianjurkan dari pabrikan film kaca dengan tingkat kegelapan 20 atau 40 untuk kaca depan. Kalau sudah 60 untuk depan sudah mengganggu pandangan pengemudi. Jadi idealnya 20 atau 40 untuk kaca depan dan 60 sampai 80 untuk kaca samping,” kata Anto pada JawaPos.com beberapa waktu lalu di lantai 5 MGK Mall.

Soal pemasangannya sendiri biasanya mereka menggunakan peralatan dan teknik khusus yang membuat film kaca menyatu dengan kaca sehingga tak bergelebung dan mudah terlepas atau copot. Dan pengerjaannya sendiri sangat teliti.

“Biasanya utuk pemasangan kita ukur bidang kacanya dari luar, kemudian kita potong film kaca, kata buat mal dan kita rekatkan  dengan teknik khusus dibantu alat pemanas hot gen, sehingga kaca film benar-benar menyatu dengan kaca mobil,” papar pria murah senyum itu.

Mengenai harga, Anto menuturkan semuanya tergantu dari merek film kaca. Ia mencontohkan untuk film kaca seperti merek 3M Black Beauty atau yang sekelas dengan film kaca premium dari Vcool untuk kaca depannya saja bisa Rp 500 ribu untuk mobil. Sementara untuk mobil premium dengan bidang kaca depan yang lebih besar harga film kaca untuk depan saja bisa mencapai Rp 1,7 juta.

Perawatan film kaca. Sebut Anto termasuk sederhana karena cukup dilap dengan kain halus yang telah direndam air hangat akan membuat film kaca tetap terjaga keawetannya. Ia mengajurkan agar pelanggan benar-benar menjauhkan barang-barang tajam dari film kacakarena sekali kegores sudah tak bisa diperbaiki lagi.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up