JawaPos Radar

Pendaftaran Gugatan Bisa Online, Peradi Solo Sosialisasikan E-Court

05/10/2018, 14:31 WIB | Editor: Dida Tenola
Pendaftaran Gugatan Bisa Online, Peradi Solo Sosialisasikan E-Court
Peradi Solo mengadakan sosialisasi E-court kepada anggota dan juga advokat se-Soloraya, Jumat (5/10) (Ari Purnomo/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com– Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Solo menggelar sosialisasi penerapan E-court (persidangan elektronik) kepada anggota se-Soloraya, Jumat (5/10). Teknologi E-court merupakan persidangan yang berbasis perkembangan teknologi modern. Dengan adanya E-Court, saat menangani perkara lintas kota, advokat bisa langsung mendaftarkan gugatannya tanpa harus datang ke pengadilan.

Ketua DPC Peradi Solo Badrus Zaman menjelaskan, bahwa dengan adanya E-court ini akan semakin memudahkan bagi kuasa hukum atau advokat dalam mengajukan gugatannya. "Dengan E-court, advokat bisa mendaftarkan gugatan lintas kota. Advokat tidak perlu datang dan mendaftarkan gugatannya, tetapi cukup mendaftarkan secara online," terang Badrus kepada JawaPos.com usai sosialisasi. 

Banyak keuntungan dengan adanya teknologi E-Court ini. Diantaranya adalah biaya yang ringan dan waktu yang lebih efisien. Hal ini karena, advokat tidak perlu datang langsung ke lokasi sehingga tidak membutuhkan biaya transportasi. Selain itu, dengan E-court, kuasa hukum tidak perlu lagi menunggu persidangan hingga berjam-jam lamanya. "Untuk bisa menggunakan E-court, advokat harus mempunyai akun dulu. Untuk mendapatkan akun, advokat harus mendaftar dulu. Setelah itu, advokat bisa melakukan pendaftaran secara online," ucapnya.

Pendaftaran akun E-court ini melibatkan Pengadilan Negeri (PN) Surakarta. Dan untuk tingkat nasional, Kota Solo menjadi pilot project penerapan E-court.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PN Surakarta Dwi Utomo memaparkan, sampai saat ini sudah ada dua persidangan yang pendaftarannya menggunakan E-court. "Dua pendaftaran tersebut adalah perdata gugatan. Kalau permohonan bantahan, perlawanan belum bisa. Gugatan E-court bisa daftar dari mana saja, misalkan mau mendaftarkan gugatan ke Makassar bisa daftar dari sini (Solo)," ungkapnya. 

 

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up