JawaPos Radar

Perang Dagang AS - Tiongkok Memburuk Picu Rupiah Kian Lemas di 15.179

05/10/2018, 14:30 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Perang Dagang AS - Tiongkok Memburuk Picu Rupiah Kian Lemas di 15.179
Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) masih terus melemah di atas level 15.100. (Issak Ramdhani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) masih terus melemah di atas level 15.100. Dipicu oleh perang dagang yang memburuk, berbuntut kenaikan harga minyak, dan Dolar AS yang secara umum menguat.

Mengutip yahoofinance, pergerakan Rupiah terhadap Dolar Paman Sam tersebut masih terjerembab di level 15.179.

Analis Forex Time Lukman Otunuga menjelaskan, depresiasi Rupiah dipicu oleh ketegangan dagang AS-Tiongkok yang memburuk. Prospek kenaikan suku bunga AS berpotensi mempercepat arus keluar modal dari pasar berkembang, sehingga Rupiah tetap rentan mengalami kejutan negatif. 

“Rupiah kembali mencatatkan rekor terendah hari ini, merosot ke level yang tak pernah tersentuh sejak krisis finansial 1998 yaitu 15.178,” ujarnya Jumat (5/10).

Menurutnya, ekspektasi akan semakin besar bahwa Bank Indonesia akan kembali meningkatkan suku bunga untuk menolong Rupiah, namun ini sepertinya tak dapat membantu banyak untuk membatasi penurunan nilai Rupiah. 

“Asumsi ini berdasarkan fakta bahwa Rupiah tetap terperosok walaupun Bank Indonesia telah meningkatkan suku bunga sebanyak lima kali sejak Mei tahun ini,” tuturnya.

Lukman menambahkan, arus pergerakan Rupiah sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal sehingga prospek jangka pendek hingga menengah tetap bearish. 

“Dari aspek teknis, USDIDR tetap sangat bullish di grafik harian. Penutupan harian di atas 15.000 dapat memicu kenaikan menuju 15.300 bahkan lebih,” tandasnya.

 

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up