JawaPos Radar

Bandara Mutiara Sis Al Jufrie Bisa Dimasuki Pesawat Besar Pekan Depan

05/10/2018, 14:28 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Bandara Mutiara Sis Al Jufrie Bisa Dimasuki Pesawat Besar Pekan Depan
Ilustrasi Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Sudah hampir sepekan gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah berlalu. Upaya pemulihan kondisi dari pemerintah masih terus dilakukan pasca bencana alam tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, selama sepekan terakhir ini pemulihan khususnya di sektor perhubungan telah berjalan baik. Ia berharap dalam seminggu ke depan, perbaikan landasan pacu Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie akan rampung diperbaiki.

"Yang menggembirakan adalah di bandara, (perbaikan) insya Allah selesai tanggal 11 (Oktober). Artinya paling lambat tanggal 12, runway sepanjang 2250 meter bisa digunakan. Artinya pesawat besar Airbus 320 juga yang lain bisa mendarat. Sehingga yang dari Jakarta bisa langsung kesana," ujarnya saat ditemui di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (5/10).

Bandara Mutiara Sis Al Jufrie Bisa Dimasuki Pesawat Besar Pekan Depan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Dok.JawaPos.com)

Selain itu, Menhub Budi juga menyebutkan jika dampak kerusakan yang terjadi di bandara tidak terlalu signifikan. Ditegaskannya pemulihan juga akan diselesaikan dalam waktu sepekan.

"Hanya hal minor (kerusakan) seperti tiang, ada plafon dan sebagainya. Ini akan kita upayakan seminggu recovery. Kita tugaskan dua kontraktor, ini yang paling signifikan," tuturnya.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (AP II/Persero) ini menambahkan, pihaknya telah meminta kepada AP II dan AP I selaku operator bandara untuk memperkuat layanan. Apalagi, dalam beberapa waktu ke depan Palu dan Donggala akan kedatangan negara sahabat yang ingin menyalurkan bantuan.

"Kami minta beberapa temen-temen dari private, dari AP I, AP II untuk join dengan temen-temen disana untuk membuat bandara itu dengan fungsi lebih profesional. Safety, security, dan level of service lebih bagus. Kita tau beberapa hari ini kita akan ada tamu dari beberapa negara sahabat. Sementara ini oleh panglima akan ditampung di Balikpapan. Itu secara bertahap akan bergerak di Palu," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up