JawaPos Radar

Abdul Rachman Saleh Segera Jadi Bandara Berskala Internasional

05/10/2018, 13:58 WIB | Editor: Dida Tenola
Abdul Rachman Saleh Segera Jadi Bandara Berskala Internasional
Bandara Abdul Rachman Saleh bakal naik status menjadi bandara Internasional. (Tika Hapsari/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Wacana perubahan Bandara Abdul Rachman Saleh Malang menjadi bandara berskala Internasional akan segera terwujud. Bahkan, saat ini sudah ada empat bandara internasional yang mengajukan perizinan.

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo mengatakan, sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan sinyal positif terkait perubahan status bandara Abdul Rachman Saleh. Namun, saat ini pihaknya masih menunggu tindak lanjut dari sinyal tersebut."Presiden sudah setuju, tindak lanjutnya ditunggu setelah itu," ujarnya.

Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya tinggal menunggu kebijakan terkait perubahan status tersebut. Pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu menyampaikan, saat ini sudah ada beberapa bandara luar negeri yang ingin terkoneksi dengan Abdul Rachman Saleh.

"Ada empat. Malaysia itu dua, Kuala Lumpur dan Penang. Selain itu ada Singapura dan Hongkong,” sebutnya. 

Sebelumnya, Pakde Karwo telah mendorong dan mendesak Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan status Bandara Abdul Rachman Saleh Malang dan Bandara Blimbingsari Banyuwangi, menjadi bandara internasional.  Menurutnya, perjalanan darat yang lebih dari 2 jam sudah menjadi pertimbangan tersendiri bagi turis mancanegara untuk berkunjung ke destinasi wisata.

"Maka perjalanan Surabaya-Malang yang kini bisa lebih dari 3 jam menjadi kurang produktif untuk perspektif pengembangan wisata dan menggaet strategi pasar tourism," papar politikus Partai Demokrat tersebut.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up