JawaPos Radar

Mahasiswa Jogja Asal Sulteng Bebas Makan Gratis di Kopma UGM

05/10/2018, 13:38 WIB | Editor: Dida Tenola
Mahasiswa Jogja Asal Sulteng Bebas Makan Gratis di Kopma UGM
Kantin Kafetaria Gelanggang Kopma UGM gratiskan makanan bagi mahasiswa asal Sulteng (Ridho Hidayat/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Aksi simpati terhadap bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng) terus mengalir. Di Jogjakarta, solidiritas antar mahasiswa terjalin begitu erat. Contohnya kantin Kafetaria Gelanggang Kopma Universitas Gadjah Mada (UGM) yang menggratiskan makanan bagi mahasiswa asal Sulawesi Tengah, mulai Jumat (5/10).

Ketua Umum Kopma UGM Muhammad Anharulfikri mengatakan, digratiskannya makanan di kantin milik Kopma, tak hanya kepada mahasiswa yang sedang tugas belajar di UGM."Dari berbagai universitas di Jogjakarta, yang tinggal di Jogja berasal dari daerah terdampak gempa kemarin," katanya saat ditemui di kantor Kopma UGM.

Syarat untuk makan gratis di kantin ini hanya menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kalaupun tak punya KTP bisa menunjukkan Surat Izin Mengemudi (SIM) atau keterangan lain yang membuktikan asalnya. "Pelajar sebenarnya juga boleh, tapi kami kesulitan untuk kartu identitasnya," sambungnya.

Digratiskannya makanan ini setelah ada masukan dari Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) yang membuka dapur umum di Asrama Sulteng Jogjakarta. Melihat kondisinya, di sana ada sekitar 3 ribu mahasiswa dan pelajar yang mulai kesulitan secara finansial. "Mahasiswa dari Sulteng kan tidak hanya tinggal di asrama saja di Jogja," lanjut Anharulfikri.

Hidangan gratis ini dibuka mulai pukul 08.00 sampai 20.30 WIB. Layanan dibuka selama seminggu, mulai Jumat ini (5/10) hingga Jumat pekan depan (12/10). Sedangkan untuk hari Minggu, libur. "Kemarin kami umumkan sudah ada yang datang, tapi belum dibuka. Dibukanya hari ini. Pagi ini belum ada mahasiswa dari Sulteng (terdampak gempa) yang datang," ucap mahasiswa berusia 22 tahun tersebut.

Berbagai macam masakan rumahan dapat dinikmati di kantin ini. Seperti tempe, oseng sayur, tahu, ikan, ayam, dan lainnya. Target seharinya bisa melayani 100 porsi bagi mahasiswa asal Sulteng. "Dimakan di sini, tidak dibungkus," tambah Anharulfikri.

Aksi simpati ini selain ditalangi biaya dari Kopma UGM juga berkat kerja sama dengan Kagama Care. Pihaknya juga membuka penyaluran bantuan melalui akun Instagram @kopmaUGM.

 

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up