JawaPos Radar

3 Fakta Anak Bungsu Lebih Unggul dari Sang Kakak

05/10/2018, 14:00 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
karakter anak, karakter anak bungsu, fakta anak bungsu, kepintaran anak bungsu, keunggulan anak bungsu,
Ilustrasi. Berdasarkan penelitian, anak bungsu memiliki lebih pintar dalam lingkungan sosial. (Boldsky)
Share this image

JawaPos.com - Banyak anekdot yang menyebutkan adik biasanya jauh lebih cerdas dari kakaknya. Anggapan tersebut bisa saja terjadi, sebab anak bungsu biasanya mendapatkan asupan gizi yang lebih baik saat kehamilan ibunya. Sebab anak kedua, ketiga, dan seterusnya membuat orang tua lebih mengerti dan lebih siap mempersiapkan kedatangan buah hati.

Dilansir dari Boldsky, Jumat (5/10), ada banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kecerdasan anak-anak dan saudara kandungnya. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ekonom dari Universitas Essex, urutan kelahiran diyakini memainkan peran penting dalam menentukan anak-anak bisa tumbuh dengan sukses.

Dalam penelitian itu diketahui bahwa menjadi sosok paling termuda juga membuat anak lebih pintar dalam lingkaran sosial. Lihatlah bagaimana anak-anak yang lebih muda atau milenial lebih pintar dari yang lebih tua. Maka di dalam keluarga, anak bungsu biasanya juga lebih pintar dari sang kakak. Ini buktinya,

karakter anak, karakter anak bungsu, fakta anak bungsu, kepintaran anak bungsu, keunggulan anak bungsu,
Anak-anak yang lebih muda dalam keluarga cenderung memiliki ingatan yang sangat luar biasa. (Boldsky)

1. Ingatan Mereka Lebih Tajam

Anak-anak yang lebih muda dalam keluarga cenderung memiliki ingatan yang sangat luar biasa. Mereka lebih baik dalam mengingat kembali peristiwa masa lalu. Mereka mampu mengenali wajah dan lokasi dengan cepat. Mereka suka bergaul dengan orang yang lebih tua. Penelitian mengungkapkan bahwa anak bungsu akan dengan mudah berteman dengan anak-anak lain yang lebih tua dari mereka karena mereka selalu dikelilingi oleh individu yang lebih tua dari mereka. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa IQ dan kematangan emosi mereka memiliki pengalaman lebih lama.

2. Anak Bungsu Pandai Membentuk Hubungan Baik

Selain merasa nyaman dengan orang tua, anak bungsu dapat supel dan bergaul dengan menjalin percakapan yang menarik dengan orang-orang yang mereka temui. Pengetahuan yang mereka peroleh dari orang-orang yang lebih tua adalah sesuatu yang mereka percaya. Sehingga mendidik mereka lebih bijaksana.

3. Anak Bungsu Memiliki Kepribadian yang Baik

Anak bungsu belajar untuk meminta apa yang mereka inginkan pada usia dini. Mereka jauh lebih kritis. Ini adalah salah satu alasan yang membuat mereka tidak takut ketika terjun ke situasi sosial. Di sisi lain, mereka juga dikenal punya strategi untuk melindungi kakak-kakak mereka.

(ika/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up