JawaPos Radar

Anak Buah Cak Imin Duga Ratna Berusaha Kabur dari Drama Hoax

05/10/2018, 13:21 WIB | Editor: Estu Suryowati
Anak Buah Cak Imin Duga Ratna Berusaha Kabur dari Drama Hoax
Ratna Sarumpaet saat dibawa keluar dari Bandara Soekarno Hatta menuju Polda Metro Jaya. ( (Humas Ditjen Imigrasi)
Share this image

JawaPos.com - Penangkapan aktivis kemanusiaan Ratna Sarumpaet tengah menjadi sorotan publik. Bahkan belakangan muncul anggapan, kepergian Ratna ke Chili merupakan langkah melarikan diri dari jerat hukum.

Terkait itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Abdul Kadir Karding memiliki dugaan sama. Oleh sebab itu, katanya, wajar ketika aparat bergerak cepat menangkap Ratna sesaat sebelum dia terbang ke Chili.

"Terkait penangakapan Ratna Sarumpaet semalam di Soekarno Hatta saya kira itu wajar. Karena pasti polisi menduga bahwa rencana keberangkatan itu terkait dengan kasus dia melakukan dugaaan hoax. Dan diduga akan melarikan diri ke Chili," ujar Karding di Rumah Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/10).

Anak Buah Cak Imin Duga Ratna Berusaha Kabur dari Drama Hoax
Polisi menggeledah rumah Ratna Sarumpaet di Jalan Kampung Melayu Kecil. (Gobang Mahardhika/JawaPos.com)

Lebih lanjut anak buah Muhaimin Iskandar (Cak Imin) itu menilai penangkapan ini merupakan hak prerogatif aparat kepolisian. Tidak ada yang bisa mengintervensi keputusan ini.

Terlebih sebelum penangkapan, penyidik telah berupaya memanggil Ratna sebagai saksi. Namun sayangnya, ibunda artis cantik Atiqah Hasiholan itu tidak menunjukan itikad baik untuk memberikan keterangan kepada petugas.

"Itu hak dari pada penyidik. Di samping itu sebelumnya Bu Ratna telah dipanggil lalu tidak datang," sambungnya.

Karding yakin, polisi juga tak bakal langsung percaya soal keberangkatan Ratna ke Chili dalam rangka menghadiri konferensi internasional. Hal itu berkaca dari isu pengeroyokan Ratna di Bandara Husen Sastranegara, Bandung, Jawa Barat.

Pada saat itu dia juga berdalih alasan serupa. Namun pada akhirnya diakui bahwa itu hoax.

"Polisi tidak begitu saja percaya (alasan Ratna ke Chili untuk konferensi internasional), karena sebelumnya juga alasan pemukulan di Bandung itu ditemani oleh 3 orang temannya yang juga dengan alasan konferensi international dari luar negeri," pungkasnya.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up