JawaPos Radar

Asian Para Games 2018

Kemensos Tatar Para Volunteer Asian Para Games 2018

05/10/2018, 13:14 WIB | Editor: Banu Adikara
Asian Para Games 2018, INAPGOC, Kemenpora, Indonesia, Kemensos
Menteri Sosial Agus Gumiwang (Bintang Rahmat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Selain memberikan fasilitas penunjang selama Asian Para Games 2018, Kementerian Sosial juga melakukan pengayaan kepada ratusan volunteer atau relawan yang akan bertugas pada tanggal 6-13 Oktober nanti.

Menteri Sosial Agus Gumiwang menuturkan bahwa penataran dilakukan agar para relawan betul-betul bisa melayani para penyandang disabilitas selama event berlangsung. Ini perlu dilakukan agar para penyandang disabilitas tidak merasa kesulitan atau direpotkan oleh volunteer yang tidak memahami tugasnya seperti yang beberapa kali terjadi di Asian Games 2018.

"Kami akan berikan program khusus yang diikuti oleh sekitar 300 koordinator volunteer. Materi ini berisi mengenai bagaimana melayani para penyandang disabilitas, khususnya untuk tamu-tamu yang hadir di Asian Para Games," jelasnya.

Agus mengatakan, Kemensos juga akan mengerahkan ribuan sumber daya manusia untuk ikut memeriahkan ajang upacara pembukaan Asian Para Games 2018. Mereka akan mengajak para penyandang disabilitas untuk ikut hadir dalam acara itu.

"INAPGOC menugaskan kami untuk memfasilitasi pembukaan Asian Para Games. Sekitar 2.500 penyandang disabilitas akan kami undang untuk hadiri pembukaan," kata Agus.

Para penyandang disabilitas itu akan didatangkan dari 135 balai, yayasan, dan komunitas difabel yang ada di Jabodetabek.

"Kami juga akan meluncurkan mobil khusus penyandang disabilitas kurang lebih enam mobil. Dengan begitu, para penyandang disabilitas tidak perlu repot berlama-lama untuk pergi ke venue pertandingan," katanya.

(mat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up