JawaPos Radar

Jarang Terlihat di Publik, Duterte Diduga Sakit Keras

05/10/2018, 13:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
duterte sakit keras, duterte, filipina,
Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan, dia melakukan tes kesehatan di rumah sakit. Duterte telah menghilang dari pandangan publik sebelumnya, memicu spekulasi bahwa dia sakit (AFP)
Share this image

JawaPos.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan, dia melakukan tes kesehatan di rumah sakit. Duterte telah menghilang dari pandangan publik sebelumnya, memicu spekulasi bahwa dia sakit. Pemerintah bersikeras bahwa spekulasi itu tidak berdasar. Tetapi ini adalah pertama kalinya dia mengonfirmasi bahwa dia mungkin memiliki masalah kesehatan.

“Saya tidak tahu kesehatan saya sekarang secara fisik, tetapi saya harus menunggu untuk (tes) itu,” kata Duterte pada makan malam yang diselenggarakannya untuk tentara dan petugas polisi di Istana Kepresidenan Filipina dalam pidato yang disiarkan secara nasional.

“Tapi, saya akan memberitahu Anda jika itu kanker. Jika itu stadium ketiga, tidak perlu perawatan lagi. Saya tidak akan memperpanjang penderitaan di kantor ini atau di mana pun," katanya.

duterte sakit keras, duterte, filipina,
Sekretaris Eksekutif Salvador Medialdea membenarkan Duterte menjalani pemeriksaan kolonoskopi pada hari Rabu, (3/10). Dia menjalani tes yang sama tiga minggu lalu, tetapi dokternya ingin mendapatkan l (Newsweek)

Sekretaris Eksekutif Salvador Medialdea membenarkan Duterte menjalani pemeriksaan kolonoskopi pada hari Rabu, (3/10). Dia menjalani tes yang sama tiga minggu lalu, tetapi dokternya ingin mendapatkan lebih banyak sampel jaringan.

Namun Juru Bicara Kepresidenan Harry Roque mengatakan, Duterte merasa lelah dan mengambil cuti, membantah desas-desus bahwa dia telah dirawat di rumah sakit.

Dikenal karena jadwal yang sibuk dan pidato panjang, sering beberapa hari, Duterte sering menghilang, telah memicu desas-desus bahwa ia dalam kesehatan yang menurun dan bahwa pemerintah sedang mencoba untuk menjaga agar tetap dirahasiakan.

Setelah perjalanan ke Israel dan Yordania bulan lalu, Duterte mengatakan kulitnya terbakar oleh matahari. Publik juga melihat perubahan warna di wajahnya.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up