JawaPos Radar

HUT Ke-73, TNI Gelar Pameran Alutsista di Gedung Sate

05/10/2018, 13:02 WIB | Editor: Erna Martiyanti
HUT Ke-73, TNI Gelar Pameran Alutsista di Gedung Sate
HUT TNI ke-73 pameran Alutsista digelar di Gedung Sate, Bandung. (Siti Fatonah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kodam III/Siliwangi menggelar upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) TNI ke-73 di Lapangan Gazibu, Bandung, Jumat (5/10). Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota, dan Polri pun turut hadir dalam acara tersebut.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan mengatakan, acara ulang tahun kali ini dirayakan secara serentak di seluruh Indonesia, yakni dari Sabang sampai Merauke. Khusus yang terpusat yakni di empat titik, Sabang, Merauke, Pulau Miangas dan Pulau Rote.

"Dalam rangka ulang tahun ini, TNI profesional untuk rakyat. Jadi apa yang kami lakukan dan kami kerjakan semua untuk rakyat. Karena TNI berasal dari rakyat dan untuk rakyat," kata Besar di Gedung Sate Bandung, Jumat (5/10).

Dalam rangka HUT TNI, Kodam III/Siliwangi pun menggelar pameran alat utama sistem persenjataan (Alutsista) di halaman Gedung Sate. Berbagai senjata dipamerkan di beberapa booth.

Menurutnya, tujuan pameran untuk mengenalkan kepada masyarakat terutama para pelajar atau generasi millenial untuk lebih mengenal TNI. Dengan harapan menumbuhkan rasa bangga bahwa Indonesia mempunyai tentara yang kuat untuk bisa menjaga negeri ini.

"Kami memiliki tentara yang kuat untuk menjaga negeri dari ancaman orang-orang yang tidak bertanggung jawab maupun terhadap kemungkinan invasi dari luar negeri," ungkapnya.

Kedua, untuk menumbuhkan kecintaan atau jiwa nasionalisme kepada generasi muda yang minat bergabung di TNI. Dengan hadirnya pameran ini sehingga bisa langsung mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Kemudian akan dijelaskan cara masuk TNI, dari persiapan sehingga lulus dan terpilih menjadi prajurit TNI ke depan.

Pameran Alutsista akan berlangsung selama tiga hari mulai 5-7 Oktober 2018. Selain sebagai ajang mendapatkan informasi juga bisa dijadikan ajang rekreasi dan pembelajaran bagi generasi millenial maupun masyarakat umum.

"Kami imbau kepada pelajar, mahasiswa silakan hadir dan datang kemari untuk memeriahkan kegiatan ini," ujarnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mengucapkan selamat HUT TNI ke-73. Pasalnya selain bangga kepada TNI juga tingkat kepercayaan masyarakat kepada TNI pun tinggi.

"Saya sangat bangga apalagi per hari ini menurut survei tingkat kepercayaan tertinggi dari masyarakat diraih oleh TNI," kata Ridwan Kamil.

Dengan kepercayaan ini menandakan TNI sangat profesional selalu dekat mencintai rakyat. Ketika rakyat kesusahan atau kesulitan dan butuh pertolongan, TNI selalu ada. Diharapkan TNI selalu terdepan menjaga pertahanan dengan tingkat kepercayaan tertinggi.

Kang Emil sapaanya mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sangat terbuka terhadap sosialisasi TNI. Sehingga dengan pameran Alutsista tersebut diharapkan masyarakat khususnya anak-anak atau pelajar bisa belajar lebih detail tentang TNI.

"Panggilan tugas kami tidak hanya di sini tapi di manapun di Indonesia ada masalah termasuk kemarin di Sulawesi pemerintah sudah mengirimkan pasukan dalam bentuk tim ahli dengan dukungan TNI melalui komandan Landasan Udara," tandasnya.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up