JawaPos Radar

Amien Rais Dulu, Prabowo, Fadli, dan Rachel Tunggu Putusan Penyidik

05/10/2018, 13:35 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Amien Rais Dulu, Prabowo, Fadli, dan Rachel Tunggu Putusan Penyidik
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto saat memberikan keterangan pada awak media di rumahnya terkait penganiayaan yang menimpa Ratna Sarumpaet. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya masih menunggu kedatangan mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Amien Rais di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (5/10). Kehadirannya tidak lain guna memenuhi panggilan sebagai saksi atas kasus penyebaran berita bohong yang dibuat Ratna Sarumpaet.

Meski pemeriksaan dijadwalkan pada pukul 10.00 WIB, akan tetapi anggota dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tak kunjung tiba.

Meskipun demikian, pihak Kepolisian Polda Metro Jaya masih menunggu kedatangannya untuk menjelaskan kasus berita hoax yang dibuat Ratna Sarumpaet. Amien Rais menjadi politikus pertama yang diperiksa polisi atas kasus tersebut.

Amien Rais Dulu, Prabowo, Fadli, dan Rachel Tunggu Putusan Penyidik
Ilustrasi cerita kebohongan Ratna Sarumpaet (Rofiah Darajat/JawaPos.com)

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono menjelaskan, alasan pemanggilan kepada Amien Rais atas dasar perintah dari tim penyidik. Menurutnya, pemeriksaan tersebut tidak lain berhubungan dengan kasus Ratna Sarumpaet.

"Agendanya hari ini pemeriksaan untuk Pak Amien Rais. Sementara ini belum ada saksi lagi," ujarnya saat di Mapolda Metro Jaya, Jumat (5/10).

Terkait tokoh politisi lain seperti Prabowo, Fadli Zon, Rachel Maryam, dan nama-nama yang diduga terlibat dengan penyebaran hoax Ratna Sarumpaet akan menyusul dipanggil kepolisan, Argo menjawab, hal tersebut merupakan ranah dari pihak penyidik.

"Tentunya kita menurut saja mengikuti aturan dari penyidik. Penyidik yang mengagendakan, penyidik yang lebih tahu, penyidik yang menggelar perkara, yang lidik kasus ini. Kita tunggu saja," kata Argo.

Sebelumnya, Ditkrimum Polda Metro Jaya menetapkan tersangka kepada Ratna Sarumpaet atas kasus kebohongannya kepada publik terkait wajah lebamnya karena dianiaya oleh sekelompok orang di Bandara Husein, Bandung, pada 21 September.

Sementara, fakta mengejutkan hasil penyelidikan kepolisian membuktikan bahwa Ratna tidak mengalami korban pengeroyokan. Melainkan sedang menjalani perawatan medis usai operasi plastik di RSBK Bina Estetika, Jakarta Pusat.

(ce1/wiw/JPC)

Alur Cerita Berita

Aria Bima: Jangan Ada Sarumpaet Baru 05/10/2018, 13:35 WIB
Polisi Geledah Rumah Ratna Sarumpaet 05/10/2018, 13:35 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up