JawaPos Radar

Hot Rod Tahun 40-an Lokalan Memikat Penggila Otomotif

05/10/2018, 12:54 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Hot Rod Tahun 40-an Lokalan Memikat Penggila Otomotif
Mobil Hot Rod dari Toyota Crown Tampil Memukai di Parjo 2018 (Wilfridus Zenobius Kolo / JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Meskipun modifikasi aliran Hot Rod jarang ditemui di Indonesia, tapi tak sedikit orang menyukai tipe mobil ini. Kesan klasik yang kuat serta gaya antik membuat orang terpesona.

Kelangkaan ini yang berusaha dikembangkan dan dijaga oleh punggawa bengkel Hthree Custom Garage, Hendra Harahap. Bermodal ketertarikannya pada dunia modifikasi, yang selama ini digelutinya ia memodifikasi mobil Toyota Crown menjadi mobil Hot Rod.

“Mobil itu temanya Hot Rod yang populer di Amerika. Model ini memang langka di Indonesia. Ada tapi tidak berkeliaran. Saya bangun mobil itu 2012. Karena dibangun dengan detail dan sentuhan rasa makanya pesonanya masih cakep sampai hari ini,” kata Hendra berbincang dengan JawaPos.com di ICE, BSD, Tangerang beberapa waktu lalu.

Hot Rod Tahun 40-an Lokalan Memikat Penggila Otomotif
Mobil Hot Rod mewah dan elegan. Satu-satunya di Indonesia (Wilfridus Zenobius Kolo / JawaPos.com)

Ia menjelaskan model Hot Rod sebenarnya sudah ada dari perang dunia ke dua tahun 1930-an dan 40-an, terus berkembang dan akhirnya menjadi mobil klasik yang digemari di Eropa dan Amerika. Alasannya membangun mobil ini agar memberikan warna berbeda pada dunia modifikasi Indonesia.

Perubahan pada mobil itu sangat ekstrim sehingga orang tentu tak akan percaya jika mobil Hot Rod milik Hendra tersebut adalah Toyota Crown. Bahkan rangka, sasis, bodi, hingga kaki-kakinya sebua di custom sendiri sehingga bentuk aslinya tak kelihatan lagi.

“Di Amerika mobil Hot Rod sangat tren sampai saat ini. Karena di kita tidak ada maka saya copy bentuknya. Ini mungkin satu-satunya di Indonesia karena buatan sendiri. Saya merubah total Toyota Crown dan hanya mesin yang dipakai,” bebernya.

Bagian interiornya terlihat sangat mewah dan elegan berkelir hitam dengan bentuk bodi klasik bekelir hitam dengan ukiran emas dibeberapa titik yang menggambarkan keistimewaanya. Bagian bodi seolah terbenam diantara empat rodanya, dilengkapi dengan lampu bulat model klasik yang menegaskan kekhasan mobil jadul tahun 40-an.

Bagian interiornya cukup simpel namun tetap terlihat mewah dengan perintilan klasik mulai dari roda kemudi, jok coklat, serta dashboard klasik. Agar nyaman dan sedikit modern mobil ini mendapatkan tambahan audio dan AC layaknya mobil saat ini.

Hendra mengaku mobil ini beberapa tahun lalu sering digunakan untuk berjalan santai. Pada saat membangunnya, ia telah memperhitungkan agar mobil ini aman untuk penggunaan harian. Tapi karena mobil ini dianggap langkah akhirnya belakangan hanya dijadikan mobil dispalay pada saat pameran atau even otomotif tertentu.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up